Pangdam Cendrawasih Ungkap Identitas KKB Tewas Ditembak: Peria Mirib

Antara - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 15:48 WIB
ilustrasi penembakan
Ilustrasi Penembakan (Internet)
Jayapura -

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, mengatakan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang tewas di Hitadipa, Intan Jaya, Papua, adalah Peria Mirib. Peria Mirib tewas saat baku tembak dengan prajurit Yonif 400/Banteng Raiders (BR).

"Memang benar, sekitar pukul 05.00 WIT telah terjadi kontak senjata dan menewaskan Peria Mirib," kata Yogo di Jayapura, dilansir Antara, Kamis (4/2/2021).

Yogo menyampaikan, prajurit Yonif 400/BR juga mengamankan telepon seluler dan handy talkie yang diduga digunakan KKB untuk berkomunikasi di antara kelompok tersebut.

"Personel TNI saat ini masih melaksanakan pembersihan di sekitar TKP," jelas Yogo.

Untuk diketahui, Yonif 400/BR tergabung dalam satuan tugas pengamanan daerah rawan (pamrahwan). Dari data yang dihimpun, sejak awal Januari 2021, tercatat dua kasus kontak tembak yang menewaskan tiga personel TNI dari Yonif 400/BR yang bertugas di Intan Jaya.

Ketiga prajurit yang gugur ialah Prada Agus Kurniawan pada 10 Januari 2021 serta Pratu Roy Vebrianto serta Prada Agus Kurniawan pada 22 Januari lalu.

Sebelumnya, kontak tembak terjadi antara KKB Papua dan TNI di Hitadipa. Kontak tembak ini menyebabkan satu anggota KKB tewas.

"Kontak tembak terjadi di Hitadipa, Kamis pagi, antara anggota Yonif 400/BR, Kabupaten Intan Jaya, Papua, menewaskan satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB)," kata Komandan Korem 173/PBB Brigjen TNI Iwan Setiawan seperti dilansir Antara, tadi pagi.

Saksikan juga video 'Gerakan Separatisme Papua Gunakan Oknum Misionaris Gereja':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/tor)