Profil Orient P Riwu Kore, Bupati Terpilih Sabu Raijua Berstatus WN AS

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 16:34 WIB
Jakarta -

Bupati terpilih Sabu Raijua NTT, Orient Riwu Kore, ternyata memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Hal ini terkonfirmasi setelah Bawaslu mendapat surat jawaban dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS.

Meski berkewarganegaraan AS, Orient juga memiliki e-KTP. Bahkan Orient juga terdata di Disdukcapil.

Berdasarkan data di situs KPU, Orient Patriot Riwu Kore lahir di Kupang pada 7 Oktober 1964. Di situs KPU pun diunggah scan e-KTP Orient.

Orient tercatat berdomisili di Kelurahan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Kupang, NTT. Orient menikah dengan Trinidad Martinez dan memiliki dua anak.

Orient tercatat memiliki pendidikan terakhir sebagai sarjana ilmu administrasi niaga dari Universitas Nusa Cendana (Undana). Orient memulai karir dengan bekerja di Yayasan IE RAI Kupang pada 1984-1989. Dalam periode tersebut, dia menjabat manajer keuangan dan manajer operasional. Orient sempat bekerja di Garuda Indonesia Group di Jakarta sebagai tax controller pada 1989-1992.

Setelah itu, Orient bekerja sebagai manajer keuangan di perusahaan telekomunikasi di Los Angeles, AS, pada 1994. Karier Orient di Negeri Paman Sam tercatat hingga 2007.

"Motivasi pencalonan: ingin membangun Kabupaten Sabu Raijua bermartabat. Target/sasaran: membangun masyarakat dan kondisi Sabu Raijua sesuai dengan visi dan misi yang ada pada lampiran ini," tulisnya.

Sebelum ditutup dengan tanda tangan, dalam lembaran daftar riwayat hidup yang menjadi syarat sebagai calon kepala daerah, dituliskan sebuah pernyataan akan mentaati pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Demikian informasi ini dibuat dengan sesungguhnya sebagai bukti pemenuhan persyaratan bakal calon bupati dan wakil bupati sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Simak tanggapan Bawaslu dan KPU soal Orient Riwu Kore di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2