DPRD Medan Tunggu Gubsu soal Pelantikan Akhyar Jadi Walkot Definitif

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 15:40 WIB
Akhyar Nasution (Datuk Haris-detikcom)
Akhyar Nasution (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala menyebutkan masih menunggu kapan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dilantik sebagai Wali Kota definitif sisa jabatan 2016-2021. Rajuddin mengatakan pihaknya telah menyurati Gubsu Edy Rahmayadi.

"Terkait pengangkatan Akhyar Nasution menjadi Wali Kota Medan menggantikan Dzulmi Eldin setelah berkekuatan hukum tetap, sudah diusulkan oleh DPRD Medan melalui sidang paripurna tanggal 26 Januari lalu dan surat rekomendasi sebagai usulan DPRD sudah diteruskan ke Gubsu untuk dilakukan tahapan berikutnya, yaitu pelantikan oleh Mendagri melalui Gubsu," kata Rajuddin Sagala, Rabu (3/2/2021).

Rajuddin mengatakan pihaknya masih menunggu respons dari Pemprov Sumut soal pelantikan tersebut. Dirinya berharap pelantikan segera dilaksanakan.

"Kita tunggulah gerak cepat Pemprovsu karena wewenang ada di mereka. DPRD Medan sudah merespons cepat lewat paripurna, sekarang tinggal di Pemprov dengan harapan semoga segera mereka dilanjutkan pelantikan walau sisa-sisa waktu masa jabatan yang sudah sangat singkat ini," sebut Rajuddin.

Sebelumnya, DPRD Medan telah menggelar rapat paripurna pemberhentian Dzulmi Eldin dari jabatan Wali Kota Medan. DPRD kemudian sepakat untuk mengusulkan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution menjadi Wali Kota definitif sisa masa jabatan 2016-2021.

Rapat paripurna digelar di DPRD Medan, Selasa (26/1/2021). Pimpinan DPRD Medan hadir secara langsung di ruangan, sementara anggotanya mengikuti rapat secara virtual.

Selanjutnya
Halaman
1 2