Bertemu Jaksa Agung, Kapolri Bahas Percepat Penanganan Berkas Perkara

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 14:28 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertemu dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di kantor Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan itu, Sigit dan Burhanuddin membahas seputar percepatan berkas perkara.

"Kemudian terkait dengan masalah prinsip penanganan kasus yang cepat, beliau memberikan support kepada kami terkait dengan kalau di kita istilahnya P-19, bagaimana pada saat kasus dibawa ke Kejaksaan untuk diberikan petunjuk tidak perlu bolak-balik perkara beliau men-support. Jadi P-19 itu cukup satu kali dan setelah itu bisa langsung setelah dilengkapi dan berkas berkas bisa langsung dikembalikan untuk kemudian di P21 kemudian segera disidangkan," kata Kapolri Sigit di Kantor Jaksa Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/2/2020).

Sigit berharap pertemuan dengan Burhanuddin dapat meningkatkan sinergi dan soliditas kedua lembaga. Dengan begitu, kata dia, pelayanan hukum terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan baik.

"Banyak hal yang bisa kami dapatkan dan diskusi-diskusi ini dan tentunya ke depan dengan Kejaksaan akan terus meningkatkan sinergitas, soliditas baik di lingkungan JJS maupun di satuan pendidikan, sehingga di lapangan kita semakin kuat dalam hal proses pemberian pelayanan di bidang hukum," katanya.

Sigit menerangkan penegak hukum bukan hanya membentuk sinergi antarlembaga, tapi juga mampu melaksanakan kepastian hukum yang berkeadilan.

"Sehingga kami dengan soliditas sinergi. Upaya apa yang kita lakukan tidak hanya memberikan kepastian hukum tapi juga hukum yang berkeadilan bisa kita laksanakan," ucapnya.

Lebih lanjut, Sigit mengaku bukan kali ini saja bertemu dengan Burhanuddin. Namun, hari ini merupakan pertemuan pertamanya dengan Burhanuddin setelah menjabat Kapolri.

"Hari ini kami melakukan kegiatan silaturahmi ke Kejaksaan Agung. Di satu sisi seperti yang dikatakan beliau kami sudah sering ke sini dalam konteks masalah masalah pekerjaan, namun demikian hari ini selaku Kapolri baru saya harus sowan ke beliau tentunya yang pertama silaturahmi, meningkatkan soliditas, sinergitas antara sesama aparat penegak hukum dalam hal ini Polri dan Kejaksaan adalah mitra kami dalam hal penuntutan," katanya.

Simak penjelasan lengkpanya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2