detikcom Do Your Magic

'Before-After' Sungai di Cimanggis Depok: Dulu Kali Sampah, Kini Bersih

Taufieq Renaldi Arfiansyah, Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 12:54 WIB
Masalah sampah di Kali Baru Cijantung, Cimanggis, Depok, telah tuntas. (Mindra Purnomo/Infografis detikcom)
Masalah sampah di Kali Baru Cijantung, Cimanggis, Depok, telah tuntas. (Mindra Purnomo/detikcom)
Depok -

Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) di Kota Depok sempat menjadi sorotan gara-gara permukaannya tertutup sampah yang luar biasa banyak. Kini kali ini tidak lagi menjadi 'kali sampah'. Ini perbandingan kondisi sebelum dan sesudah pembersihan.

Lokasi 'kali sampah' ini ada di Kampung Palsigunung RT 002 RW 004, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Sampah bertumpuk sampai di jembatan YKK Cimanggis, dekat Jl Raya Jakarta-Bogor Km 29.

detikcom Do Your Magic mengecek dan memberitakan masalah lingkungan ini mulai 22 Januari 2021. Saat itu sampah memenuhi badan sungai di lokasi aliran di Kampung Palsigunung. Kondisi ini sudah setengah tahun berlangsung.

"Sudah enam bulan," kata Ketua RT 002 RW 004 Kampung Palsigunung, Suwarno, kepada detikcom, 25 Januari lalu.

Pemerintah Kota Depok bergerak untuk mengangkut sampah. Awalnya, pengangkutan sampah dilakukan menggunakan tangan dan keranjang secara langsung.

Kali Baru Cijantung yang mengalir di Tugu, Cimanggis, Depok, mulai bersih, 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Kali Baru Cijantung yang mengalir di Tugu, Cimanggis, Depok, mulai bersih, 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Mulai 27 Januari, dua ekskavator turun ke kali untuk mengangkut sampah-sampah itu. Kali berangsur-angsur menjadi lebih bersih.

Selasa (2/2), Kali Baru Cijantung di Kelurahan Tugu ini menjadi bersih. Kali ini bukan lagi 'kali sampah'. Masalah tuntas. Kondisi ini masih bertahan sampai pantauan terakhir, Rabu (3/2/2021) hari ini.

Berikut adalah perbandingan kondisi Kali Baru Cijantung yang mengalir di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok, sebelum (before) dan sesudah (after) pengangkutan sampah.

Selanjutnya, before-after:

Tonton Video: Rupa Kali Baru Timur yang Tak Lagi Seperti 'Kali Sampah'

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2