Imigrasi Tahan WN Inggris Terduga Teroris, Segera Dideportasi

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 10:41 WIB
Mulai 1-14 Januari 2021, warga negara asing (WNA) dilarang masuk Indonesia. Begini kondisi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (1/1/2021).
Ilustrasi Bandara Soetta (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Seorang warga negara Inggris, Tazneen Miriam Sailar, saat ini didetensi pihak Imigrasi. Perempuan yang masuk daftar terduga teroris itu pun akan segera dideportasi.

"Didetensi bukan ditahan. Perihal deportasi, Rumah Detensi (Imigrasi) Jakarta masih menunggu Kedutaan Besar Inggris untuk memfasilitasi," ujar Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021).

Nursaleh menjelaskan Tazneen tidak memiliki izin tinggal di Indonesia. Dilihat dari situs PPATK dalam Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris, paspor Tazneen hanya berlaku sampai 18 Januari 2018.

"Melakukan pelanggaran keimigrasian. Tidak memiliki izin tinggal," tuturnya.

Meski demikian, Nursaleh enggan berkomentar perihal nama Tazneen yang masuk daftar terduga teroris. Menurutnya, Ditjen Imigrasi hanya berwenang melakukan detensi dan segera mendeportasi Tazneen karena dia melakukan pelanggaran keimigrasian.

"Apa yang menjadi kewenangan kami adalah ketika yang bersangkutan melakukan pelanggaran keimigrasian," kata Nursaleh.

Nursaleh juga tidak bisa memastikan kapan persisnya Tazneen akan dideportasi. Pihaknya masih menunggu Kedubes Inggris siap melakukan deportasi.

"Masih menunggu (Kedubes Inggris)," tandasnya.

Tidak banyak yang diketahui mengenai wanita bernama lengkap Tazneen Miriam Sailar ini. Dia tercatat memiliki sejumlah nama alias, di antaranya Tazniem, Aisyah Humaira, dan Ummu Yasmin.

Tazneen tercatat berkewarganegaraan Britania Raya. Dia lahir di Manchester pada 20 Februari 1973 atau di Bekasi pada 20 Februari 1980.

Tazneen tinggal di Tasikmalaya, Jawa Barat. Pendidikan terakhir Tazneen adalah SLTA/sederajat.

Simak Video "2 Terduga Teroris yang Tewas Tertembak Rencanakan Bom Bunuh Diri":

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)