Round-Up

Respons Marah Marzuki Alie Hingga Max Sopacua Dituduh Gerakkan Kudeta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 21:23 WIB
Mantan Ketua DPR Marzuki Alie usai menjalani pemeriksaan KPK terkait pembahasan e-KTP, Kamis (6/7/2017). Marzuki mengaku sempat mengetahui proyek ini bermasalah dalam tendernya.
Foto: Marzuki Alie (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Para politisi senior Partai Demokrat serta mantan petinggi Partai Demokrat buka suara soal isu kudeta kepemimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dua mantan petinggi partai yakni Marzuki Alie dan Max Sopacua berang karena merasa dituduh.

"Jhoni Alen Marbun, Marzukie Alie, Nazaruddin, Darmizal," kata elite PD Rachland Nashidik kepada wartawan soal isu upaya kudeta Partai Demokrat, Selasa (2/2/2020).

Marzuki Alie adalah mantan Sekjen Partai Demokrat. Menurut Marzuki Alie, AHY tidak perlu takut mengungkap nama-nama tersebut.

"Nggak etis lah. Perlu dia itu sampaikan. Kenapa takut? Kan supaya jelas. Dia bilang orang ini sekian tahun. Nggak perlu takut kok, no. Kan sudah ada fakta katanya kan. Kalau ada fakta buka dong. Jangan menunda-nunda. Biar orang juga merespons," kata Marzuki Alie saat dihubungi detikcom.

"Kalau mengira-ngira itu menyebarkan fitnah bisa, ya kan. Dan bukan, fitnah dan bisa bermasalah nanti fitnah itu. Melahirkan fitnah itu sama saja dia memfitnah juga," sambung Marzuki.

Marzuki Alie menilai AHY bisa menyampaikan fitnah karena membuat tuduhan terhadap pihak tertentu, termasuk dirinya. Pasalnya, ia menegaskan banyak kader Partai Demokrat yang tidak aktif sejak enam tahun lalu.

"Sampaikan ke AHY, Anda itu bisa menyampaikan fitnah, karena mengira-ngira begini-begini. 6 tahun lalu banyak yang berhenti loh, yang tidak aktif. Akhirnya kan tuduhannya kan kepada orang yang pernah menjabat saja. Yang tahu orang kan Marzuki Alie di republik ini. Selalu Marzuki Alie, apapun Marzuki Alie, dunia goyang di sana Marzuki Alie. Ada ini dikit Marzuki Alie. Saya nggak ngerti juga itu kenapa," ujarnya.

Eks Ketua DPR RI itu pun meminta AHY tidak menyinggung namanya terkait persoalan kudeta PD. Marzuki Alie mengaku tidak segan untuk membongkar keburukan PD jika terus disinggung AHY.

"Kalau dia nyinggung saya. Nanti saya beneran gitu. Gampang kok tahu semua boroknya di dalem. Apa, saya data lengkap kok. Janganlah singgung-singgung saya. Semua yang jelek saya nggak buka di muka publik. Saya jagain partai ini. Jangan singgung-singgung saya. Kan nggak baik, gitu," ucapnya.

"Kalau singgung saya, nanti saya tersinggung, ya kita buka-bukaan aja ngurus partainya gimana. Kan gitu. Ya kita buka semua. Bagaimana kongres, saya buka semua nanti. Kan malu akhirnya," tegas Marzuki.

Simak reaksi marah Max Sopacua terhadap pernyataan Partai Demokrat di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4