detikcom Do Your Magic

Kali Baru Cijantung Mulai Bersih, Pemkot Depok Harap Warga Jaga Kebersihan

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 12:52 WIB
Ekskavator bersihkan kali sampah yang mulai bersih, di Kampung Palsigunung, Tugu, Cimanggis, Depok, 2 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Pembersihkan 'kali sampah', di Kampung Palsigunung, Tugu, Cimanggis, Depok, 2 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Depok -

Kali Baru Cijantung kini mulai bersih. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berharap warga menjaga kebersihan agar sungai ini tak kembali menjadi 'kali sampah'.

"Harpan kami, masyarakat tetap menjaga kebersihan, jangan sampai membuang sampah di kali," kata Koordinator Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Saiman, di jembatan YKK Cimanggis, Kelurahan Tugu, Depok, Selasa (2/2/2021).

Hari ini, Depok mengerahkan ekskavator untuk menyusuri kali dari jembatan YKK ini melintasi Kampung Palsigunung sekitar 300 meter ke arah hulu, kemudian mendekati Pasar Pal Tugu. Ekskavator digunakan untuk mengangkut sampah dan mengeruk kali.

"Selain mengeruk sampah, ekskavtor kita untuk menormalisasi kali. Diperkirakan selesai dalam waktu dua minggu untuk sekitar Palsigunung, kelar," kata Saiman.

Para petugas dari Satgas Banjir Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok juga menyusuri sungai memunguti sampah yang luput dari jangkauan ekskavator. Khusus untuk pembersihan 'kali sampah' di sekitar Kampung Palsigunung ini, hari ini adalah tahapan akhir.

"Kita terjunkan personel untuk membersihkan sisa-sisa sampah yang tidak bisa diangkut dengan alat berat. Ini finishing," kata dia.

Ini video 'Wajah 'Kali Sampah' yang Mulai Berbenah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, warga sekitar siap menjaga kebersihan:

Selanjutnya
Halaman
1 2