Cegah Corona, Polda Metro Gelar Tes Rapid-Bagikan Masker di Pasar Kelapa Gading

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 09:18 WIB
Polisi bagikan masker gratis di Pasar Kelapa Gading (Fathan/detikcom)
Polisi membagikan masker gratis di Pasar Kelapa Gading. (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar rapid test antibodi dan membagikan masker gratis di Pasar Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam acara tersebut, polisi mengkampanyekan slogan 'Jakarta Bermasker'.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (2/2/2021), proses bagi-bagi masker dan rapid test dimulai pukul 07.00 WIB. Dalam acara tersebut, turut hadir Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo.

Jenderal bintang satu itu turut membagikan sejumlah masker kepada para pedagang dan pembeli yang berada di area Pasar Kelapa Gading. Dia berharap kegiatan tersebut dapat mencegah penularan virus COVID-19.

"Kegiatan kita pagi ini atas perintah Pak Kapolda Metro Jaya serentak seluruh anggota melakukan pembagian masker dalam rangka mewujudkan Jakarta bermasker," ujar Hendro.

Hendro mengatakan pihaknya menargetkan dapat membagikan sebanyak 1 juta masker gratis untuk warga. Satu juta masker itu ditargetkan dapat dibagikan dalam waktu 10 hari.

"Sehingga bagaimana kita mencegahnya, membagikan masker sebanyak setiap hari 100 ribu masker sehingga salam waktu 10 hari diharapkan kita sudah memberikan 1 juta masker," katanya.

Lebih lanjut, Hendro meminta masyarakat dapat saling mengingatkan soal protokol kesehatan. Dia menyebut masyarakat harus bisa menegur apabila di sekitarnya ada orang yang tidak menggunakan masker.

"Dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk mampu dan mau menegur masyarakat lain yang ada di depannya, di sekitarnya yang tidak menggunakan masker," ucapnya.

Sementara itu, apabila ada warga yang hasilnya reaktif setelah menjalani rapid test antibodi akan diminta melakukan rapid test antigen. Acara rapid test gratis itu dilakukan hanya hari ini.

"Dilakukan pemeriksaan rapid antibodi, bila hasilnya reaktif akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan rapid antigen. Kalau dari hasil rapid antigennya reaktif akan di-swab PCR koordinasi dengan puskesmas," kata dr Ade Jenny.

Rapid test gratis di Pasar Kelapa Gading (Fathan/detikcom)Rapid test gratis di Pasar Kelapa Gading. (Fathan/detikcom)
(man/man)