Penampakan Terkini Kolong Jembatan Pegangsaan yang Pernah Didatangi Risma

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 18:22 WIB
Penampakan terkini kolong jembatan Pegangsaan (Foto: Karin/detikcom)
Penampakan terkini kolong jembatan Pegangsaan. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kolong jembatan yang terletak di kawasan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, kini terlihat cantik. Tidak tampak lagi kolong jembatan yang suram dan kotor seperti saat disambangi Menteri Sosial Tri Rismaharini akhir tahun lalu.

Pantauan detikcom, pukul 16.46 WIB, Senin (1/2/2021), terlihat ada satu kolam kecil yang menghiasi kolong jembatan ini. Namun air yang ada di kolam ini masih terlihat kotor dan belum bersih.

Tampak juga lima tempat duduk disediakan di ujung kolong jembatan. Tempat duduk ini bermotifkan bunga dengan warna yang berbeda-beda. Terlihat ada warna pink, ungu, hijau, hingga biru.

Penampakan terkini kolong jembatan Pegangsaan (Foto: Karin/detikcom)Penampakan terkini kolong jembatan Pegangsaan. (Karin/detikcom)

Kolong jembatan ini memiliki dua sisi, keduanya dihiasi oleh berbagai tanaman. Selain itu, terdapat berbagai batuan kali menghiasi kolong jembatan ini. Di kedua sisi kolong jembatan terdapat satu jembatan kecil yang menghubungkan kedua sisi taman ini.

Sepanjang kolong jembatan ini terlihat juga kreasi mural berkonsep ikan yang hidup di dalam laut. Gambar-gambar ini bernuansa biru muda. Terlihat jelas ada gambar terumbu karang, kura-kura, ikan nemo, bintang laut, dan berbagai jenis ikan lainnya.

Untuk mengunjungi kolong jembatan ini cukup mudah. Lokasinya berada tepat di sebelah kiri Pos Polisi Matraman Dalam. Untuk menjangkau lokasi ini hanya perlu menuruni delapan anak tangga.

Penampakan Kolong Jembatan Pegangsaan (Foto: Karin/detikcom)Penampakan Kolong Jembatan Pegangsaan (Karin/detikcom)

Namun kolong jembatan ini masih belum diberi fasilitas berupa lampu sehingga jika malam tiba kolong jembatan ini pun diwarnai kegelapan.

Kolong jembatan ini pernah didatangi Risma pada 28 Desember 2019. Saat itu, Risma blusukan ke bantaran Kali Ciliwung di belakang Kantor Kementerian Sosial (Kemensos) di Jakarta Pusat. Salah satu yang disambangi adalah kolong jembatan di Jalan Matraman, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, ini.

Kala itu, Risma menemukan beberapa keluarga yang tinggal di kolong jembatan itu. Dalam keterangan tertulis Kemensos saat itu, setidaknya ada 12 kepala keluarga yang tinggal di Kolong Jembatan Pegangsaan itu selama puluhan tahun.

Risma pun sat itu mengajak warga yang tinggal di kolong jembatan itu untuk pindah. Mengingat tinggal di kolong jembatan penuh risiko kesehatan dan keselamatan.

(mae/mae)