Jokowi Sudah Panggil Zulkifli Hasan, PAN Dukung Pilkada Tetap 2024

Rolando Fransiscus Sihombing, Eva Safitri - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 12:01 WIB
PAN buka suara terkait RUU Pemilu yang masuk Prolegnas prioritas 2021 di DPR. PAN pun tegaskan tidak setuju dengan pelarangan mantan anggota HTI mengikut pemilu
Zulkifli Hasan (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas sempat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana beberapa waktu lalu. Meski demikian, Zulhas menegaskan dukungannya terhadap Pilkada 2024 tidak ada kaitannya dengan pertemuannya dengan Jokowi.

"Ya terakhir saya sampaikan, UU Pemilu nggak ada kaitannya dengan pemerintah, jadi kita mengambil keputusan sendiri. Jadi kalau ada yang tanya apakah ketemu Presiden membahas UU Pilkada," kata Zul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Lebih lanjut, Zulkifli Hasan mengatakan perubahan pilkada seperti di RUU Pemilu belum akan menjadikan sistem pemilu lebih baik. Jadi, dia menegaskan tetap mendukung Pilkada 2024.

"Kami sudah mengkaji, kalau ada perubahan belum tentu lebih bagus, yang lagi ramai kan pemilu tertutup, PT naik, mantan HTI boleh apa tidak, FPI boleh apa tidak, tidak membicarakan subtansi yang penting, misalnya UUD itu kan mengatakan parpol boleh mengusul capres, yang dibahas tidak lebih baik, jadi kita stay," tuturnya.

Zulkifli Hasan bertemu dengan Presiden Jokowi secara tertutup beberapa hari lalu. Waketum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut pertemuan Zulhas dan Jokowi sebagai sahabat.

"Iya (Zulhas bertemu Jokowi beberapa waktu lalu). Kan sebagai sahabat, ya sering bertemu, berkomunikasi, dan tentu berdiskusi," kata Viva Yoga.

(gbr/tor)