Sidak ke Zona Merah COVID di Pancoran, Kapolda Metro Bagikan Masker

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 11:43 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bagi-bagi masker di pasar kaget Pancoran
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bagi-bagi masker di pasar kaget Pancoran. (Wilda/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berkunjung ke pasar kaget yang terletak di wilayah Kalibata Utara V, Pancoran, Jakarta Selatan. Kapolda mengecek protokol kesehatan (prokes) sekaligus membagikan masker gratis di wilayah zona merah virus Corona ini.

Pantauan detikcom, Senin (1/2/2021), Kapolda Irjen Fadil tiba di pasar kaget Kalibata Utara IV pukul 10.45 WIB. Kapolda ditemani Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah dan jajaran dari Polsek Pancoran.

Kapolda langsung berkeliling di pasar kaget Kalibata Utara V, Jakarta Selatan. Kapolda pun tampak menghampiri pedagang makanan di lokasi sambil membagikan masker.

"Biar sehat, Bu, pakai masker terus ya, Bu. Ada masker?" kata Fadil

"Ada, Pak," sahut pedagang makanan itu.

"Berapa punyanya?" tanya Fadil lagi.

"Satu, Pak," jawab pedagang makanan itu.

"Ya sudah saya kasih ya. Jangan dijual ya," tutur Fadil.

Fadil mengatakan kunjungan mendadak ini dilakukan di wilayah Pancoran, khususnya Kalibata Utara V yang masuk kategori zona merah. Fadil menekankan pentingnya pelaksanaan kampung tangguh untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

"Saya hari ini mengajak melakukan kunjungan dadakan saya memilih Polsek yang kasus terkonfirmasi positifnya tinggi, salah satunya di wilayah kecamatan Pancoran. Ada 3 aspek yang saya lihat, yaitu bagaimana pelaksanaan Kampung Tangguh," katanya.

Dalam hal ini, Fadil kemudian ingin memastikan pelaksanaan swab antigen gratis bagi masyarakat kurang mampu. Fadil meminta jajaran polsek terus melakukan gerakan 'Jakarta Bermasker'.

"Kedua, bagaimana persiapan untuk pelaksanaan swab antigen gratis bagi masyarakat yang kurang mampu, dan yang ketiga adalah gerakan Jakarta Bermasker yang dilaksanakan Polsek jajaran serentak mulai hari ini," tuturnya.

Fadil berharap seluruh pihak dapat bekerja sama dengan baik untuk meningkatkan protokol kesehatan di lingkungan sekitar. Hal ini sesuai dengan arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Mudah-mudahan 3 upaya ini sesuai arahan Bapak Kapolri yang kemarin sudah dilaksanakan bersama Bapak Panglima TNI itu serentak bisa dilaksanakan bersama sama teman dari Kodim. Dari Kodim juga di tempat yang lain bersama Danramil, Babinsa juga jalan bersama," tandasnya.

(whn/mea)