TNI-Polri Akan Tegakkan Prokes di Pasar-pasar DKI Sampai Pekan Depan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 31 Jan 2021 16:18 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kunjungi Pasar Tanah Abang. Mereka datang untuk tinjau penerapan protokol kesehatan.
Kapolri-Panglima TNI mengecek pasar Tanah Abang. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di Pasar Tanah Abang dan Pasar Jatinegara. Kapendam Jaya Letkol Arh Herwin Budi Saputra menyebut penegakan prokes di pasar-pasar akan dilakukan sampai akhir pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Jadi kegiatan yang dilakukan pada hari Minggu tanggal 31 Januari 2021 ini, oleh Panglima TNI dan Kapolri didampingi dengan bapak Pangdam Jaya dengan bapak Kapolda Metro Jaya beserta seluruh jajaran, merupakan implementasi perintah dari Bapak Presiden RI untuk menegakkan kembali disiplin protokol kesehatan. Di mana pada titik tertentu terjadi kerumunan masyarakat sehingga kami aparat TNI dan Polri bersinergi untuk menegakkan pendisiplinan protokol kesehatan dengan melakukan upaya-upaya humanis," kata Herwin, di Kodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur, Minggu (31/1/2021).

"Kegiatan (penegakan protokol kesehatan) ini dilakukan dari tanggal 31 Januari sampai 8 Februari 2021 (akhir PPKM)," lanjutnya.

Herwin menambahkan penegakan prokes COVID-19 di Pasar Tanah Abang dan Pasar Jatinegara pada hari ini dilakukan karena merupakan pasar terbesar di DKI Jakarta. Untuk pasar lainnya yang akan dilaksanakan penegakan COVID-19, lanjutnya, masih dikoordinasikan.

"Namun untuk kegiatan (penegakan prokes) selanjutnya mungkin hari Senin, nanti dari As Op Kodam Jaya yang akan menentukan titik-titik, nanti akan dikoordinir para dandim di wilayah, dan babinsa serta para danramil di wilayah dengan bhabinkamtibmas," terangnya.