2 Pelaku Pengeboman Ikan di Biak Papua Ditangkap, Bom Rakitan Disita

Antara News - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 08:43 WIB
Perahu nelayan Pantai Lombok. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
ilustrasi (Foto: dikhy sasra/detikcom)
Biak -

2 pelaku pengeboman ikan di Biak, Papua, ditangkap. OB (59) dan NA (49) ditangkap oleh satuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Aparat kami di Stasiun PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) Biak berhasil mengamankan dua orang pelaku destructive fishing menggunakan bom ikan pada Jumat. Pelaku ditangkap di Kampung Insrom, Distrik Biak Kota," kata Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Antam Novambar, dilansir dari Antara, Senin (1/2/2021).

Pengungkapan kasus ini bermula saat petugas KKP mendapatkan informasi dari masyarakat. Petugas KKP melakukan pengintaian dengan menggunakan Kapal Pengawas Perikanan Hiu Macan 04. Sejumlah barang bukti diamankan petugas, mulai dari bom rakitan, korek api, perahu, kaca mata selam, dan ikan hasil pengeboman.

Antam memastikan proses hukum akan berjalan. Saat ini, kedua pelaku pengeboman ikan diamankan di Polres Biak.

"Gelar perkara telah dilaksanakan dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan pada Stasiun PSDKP Biak akan melakukan proses penyidikan kasus ini. Untuk sementara, pelaku telah dititipkan di Polres Biak," ujar Antam.

Plt Direktur Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Matheus Eko Rudianto menyampaikan bahwa pelaku pengeboman ikan kerap kali dilakukan oleh nelayan kecil. Sehingga petugas harus melakukan penyamaran yang membuat pengungkapan kasus berjalan lama. Pihaknya, kata Matheus, akan terus melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada pemerintah daerah setempat.

"Tidak hanya penegakan hukum, Kami juga terus melakukan upaya pencegahan melalui program-program penyadartahuan di lokasi rawan destructive," jelas Matheus.

Simak juga video 'Viral, Aktivitas Pengeboman Ikan di Sekitar Pulau Tabuhan Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/gbr)