Tata Cara Sholat Taubat Beserta Niat dan Doanya

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 14:33 WIB
Sejumlah warga menunaikan shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/1/2021). Usai diresmikan Kamis (7/1) oleh Presiden Joko Widodo.
Foto: Rifkianto Nugroho/Tata Cara Sholat Taubat Beserta Niat dan Doanya
Jakarta -

Sholat taubat adalah sholat yang dilakukan dalam rangka bertobat kepada Allah. Sholat bisa dilakukan tiap hari mengingat dosa secara tidak sengaja yang dilakukan.

Bisa juga dilakukan saat melakukan dosa besar seperti berzina, syirik, durhaka kepada orangtua, membunuh orang, memakan riba, dan memakan harta anak yatim.

Shalat taubat dilakukan 2, 4 rakaat, dan seterusnya.

Sholat tersebut bisa dilakukan kapan saja. Namun mayoritas dilakukan pada tengah malam setelah sholat Isya dan disertai setelah tidur.

Dalam HR Abu Dawud disebutkan anjuran sholat Taubat.

"Tidaklah seorang hamba yang berbuat dosa lalu berwudhu dengan sempurna kemudian berdiri melakukan sholat dua rakaat kemudian memohon ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuni. Kemudian Beliau membaca surat Ali Imran ayat 135." (HR Abu Dawud dan Tirmizi).


وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ - ١٣٥

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. (QS Ali Imran ayat 135).

Agar taubatnya mencapai nasuha (yang sebenar-benarnya), maka disertai puasa dan bersedekah.

Berikut Tata Cara Sholat Taubat seperti dikutip dari buku 'Panduan Shalat untuk Wanita: Panduan Bersuci Untuk Sholat karya Ria Khoirunnisa S.Pd dan sumber lainnya:


1. Membaca Niat


أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

"Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala."

Artinya:

"Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT."

2. Takbirotul Ihram

3. Membaca doa Istiftah/iftitah

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca surat dari Alquran

6. Rukuk

7. I'tidal (Membaca doa i'tidal)

8. Sujud

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud kedua

11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.

12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)

13. Salam

14. Berdoa mohon ampunan

Setelah selesai membaca doa mohon ampunan berupa istighfar:

astaghfirullahal adziim. Allazii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu. Wa atuubu ilaihi.

Artinya: Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang Tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.

Atau bisa membaca istighfar seperti ini:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku. Tiada yang patut disembah melainkan Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Setelah sholat taubat dan melakukan tata cara sholat taubat, jangan diulangi lagi perbuatannya ya.

(nwy/erd)