Wacana Caleg Harus Lulus Kuliah Dianggap Jadi Pasal 'Tukar Guling' RUU Pemilu

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 05:10 WIB
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.
Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta -

Draf RUU Pemilu mengundang kritik dari berbagai pihak lantaran salah satu aturannya membahas soal calon legislatif dan calon presiden minimal berpendidikan perguruan tinggi. Pakar politik menilai ada kepentingan partai tertentu di balik diajukannya aturan tersebut dalam RUU Pemilu.

Awalnya, Pakar Politik dari Indobarometer, M Qodari berbicara terkait adanya kepentingan partai tertentu di balik berbagai aturan yang dibuat dalam UU Pemilu selama ini. Kepentingan tersebut biasanya bertentangan dengan keingnan partai yang satu dengan yang lainnya.

"Iya kalau pengalaman selama ini masing-masing partai itu punya target atau keinginan ya yang boleh jadi bertentangan dengan keinginan partai lain," kata M Qodari, saat dihubungi, Jumat (29/1/2021).

Qodari mengambil contoh terkait aturan Parliamentary Threshold. Menurutnya selama ini ada partai tertentu yang tidak sepakat dengan aturan tersebut, lalu memasang pasal-pasal lain yang jadi kelemahan partai lainnya.

"Misalnya soal parliamentary threshold. Nah ada partai yang tidak mau dinaikan, karena itu dia kemudian pasang pasal pasal yang jadi kelemahan partai lain, selalu begitu dalam pembahasan UU Pemilu dan Presiden," ucapnya.

Lebih lanjut, Qodari menyampaikan pada era Megawati menjadi capres, hal serupa juga pernah dilakukan. Pasal mengenai sarjana, saat itu dikeluarkan untuk barter atau posisi tawar untuk partai-partai yang tidak menginginkan kenikan parliamentary threshold.

"Di masa lalu ketika bu Mega masih jadi Capres misalnya, sering dipasang pasal mengenai sarjana ini untuk barter, posisi tawar dari partai partai yang tidak mau PT itu naik, atau misal menolak besaran dapil yang jumlah kursi per-dapil yang dikecilkan gitu, karena itu mengancam eksistensi partai menengah dan kecil," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2