Wakil Ketua MPR Minta Karantina COVID-19 Tingkat RT/RW Dijalankan

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 20:42 WIB
Lestari Moerdijat
Foto: MPR
Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta karantina lokal tingkat RT/RW serta penerapan testing, tracing, dan treat (3T) di zona merah COVID-19 semakin diperketat. Ia menilai hal itu bisa mempersempit penyebaran virus Corona

"Di awal pandemi saya lihat di beberapa daerah sudah menerapkan karantina terbatas di lingkungan masing-masing, saya kira dengan sejumlah perbaikan dalam upaya karantina terbatas bisa menekan jumlah kasus positif COVID-19," kata Ririe, sapaan akrabnya, Jumat (29/1/2021).

Ririe menegaskan penerapan karantina terbatas di tingkat RT/RW dengan 3T yang akurat perlu dukungan para pemangku kepentingan di pusat dan daerah. Ia mengulas, pemerintah daerah sudah mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 dengan menyiagakan rumah sakit darurat dan Kementerian Kesehatan mengizinkan semua rumah sakit menangani pasien COVID-19.

Selain upaya-upaya tersebut, anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengingatkan jumlah dan akurasi testing dan tracing mesti ditingkatkan agar penanganan lebih efektif. Ia menekankan masyarakat dan pemangku kepentingan mesti berkolaborasi agar sektor kesehatan bisa terkendali dan ekonomi tetap bergerak. Pemerintah menggiatkan 3T dan program penanggulangan lain, sementara masyarakat harus disiplin protokol kesehatan.

"Bila salah satu atau keduanya tidak disiplin menjalankan kewajiban, sulit untuk mewujudkan pengendalian sektor kesehatan dan ekonomi, secara bersamaan," cetus Rerie (akn/ega)