Dinkes Aceh Ungkap Ada Nakes Tolak Vaksin Corona Gegara Takut Disuntik-Hoax

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 18:46 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
Ilustrasi vaksin Corona (Getty Images/iStockphoto/kiattisakch)
Banda Aceh -

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh, Hanif, menyebut ada sejumlah tenaga kesehatan (nakes) yang menolak vaksinasi Corona atau COVID-19 karena takut disuntik. Dia mengatakan nakes yang sudah disuntik vaksin berjumlah 231 orang.

"Saya lihat ada yang takut karena disuntik bukan karena vaksinnya tapi karena disuntiknya mereka takut sehingga menolak," kata Hanif kepada wartawan, Jumat (29/1/2021).

Hanif menjelaskan, pihaknya sudah menanyakan alasan sejumlah nakes menolak dilakukan vaksinasi. Selain karena takut suntik, sebagian karena terpapar hoax.

"Kalau kita tanya kenapa nolak vaksin, takut suntik katanya bukan takut vaksin. Itu lebih banyak daripada takut vaksin. Ada juga yang takut vaksin karena info hoax," jelas Hanif.

Menurutnya, nakes yang sudah divaksin tersebar di Banda Aceh dan Aceh Besar. Sebanyak 27 tenaga kesehatan disebut ditunda penyuntikan karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti tiba-tiba tensi darah tinggi.

Sementara 213 tenaga kesehatan yang sudah mendaftar batal divaksin karena penyakit penyerta dan lainnya. Dinkes Aceh bakal terus melakukan sosialisasi sehingga tenaga kesehatan tidak lagi menolak vaksin.

"Sebenarnya ini ada beberapa dari temen kita yang belum paham sekali tentang vaksin, padahal kita sudah berikan informasinya secara benar. Tapi mungkin mereka saja yang kurang open terhadap informasi yang ada," jelas Hanif.

"Banyak mendengar informasi yang tidak benar sehingga seolah-olah vaksin ini banyak efek samping yang tidak jelas. Padahal kan tidak ada efek sampingnya," sambungnya.

(agse/haf)