Kapolri Komitmen Perhatikan Isu Perempuan, Anak hingga Disabilitas

Adhysta Dirgantara - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 18:18 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo silaturahmi ke PP Muhammadiyah (Adhyasta/detikcom)
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo silaturahmi ke PP Muhammadiyah (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi kantor pusat PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat. Dalam dialognya bersama tokoh Muhammadiyah, Listyo Sigit mengatakan Polri akan memperhatikan isu perempuan hingga penyandang disabilitas.

"Kemudian isu gender dan anak-anak tentunya menjadi perhatian kami ke depan dan bahkan terkait dengan hak bagi wanita pun di kami juga menjadi salah satu yang kemudian kami agendakan," kata Listyo Sigit Prabowo di kantor Pusat PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2021).

Listyo Sigit Prabowo juga menyinggung Kapolda yang dijabat oleh perempuan. Dia akan mempertimbangkan hal itu ke depannya.

"Bahwa ke depan ada perwakilan dari Polwan kita yang nantinya berdinas di bagian operasional, dulu pernah ada Kapolda maka ke depan bisa nggak ada Kapolda lagi, paling tidak wakapolda," tutur dia.

Lebih lanjut Listyo Sigit Prabowo mengatakan isu perempuan dan anak telah dia sampaikan dalam programnya di hadapan DPR. Ke depan, Kapolri mengatakan isu gender dan anak ini akan diperbaiki.

"Itu kita akan kita laksanakan apalagi terkait dengan masalah kasus-kasus menyangkut wanita dan anak-anak, pasti kami perhatikan dan kemarin itu sudah menjadi bagian komitmen kami yang kami sampaikan di fit and proper test, kita akan perbaiki," sebut dia.

Selain itu, Listyo Sigit juga akan memberi ruang kepada penyandang disabilitas untuk menjadi anggota kepolisian. Dia menyebut Polri akan memperhatikan isu mengenai kesetaraan.

"Termasuk juga hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas, kami berikan kesempatan untuk menjadi ASN kalau memang mereka mau termasuk juga... Ya hal-hal seperti itu pak, kesetaraan-kesetaraan itu kami berikan ruang," jelasnya.

(lir/tor)