d'Legislasi

Draf RUU Pemilu: Capres hingga Caleg Minimal Lulusan Perguruan Tinggi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 11:45 WIB
Paripurna RUU Pemilu pukul 23.45 WIB
RUU Pemilu dibahas di DPR (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

RUU Pemilu yang sedang digodok DPR mengatur soal syarat pencalonan anggota DPR dan presiden. Ada pasal yang mensyaratkan pendidikan minimal perguruan tinggi bagi calon presiden hingga calon anggota DPR.

RUU Pemilu ini merevisi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam draf RUU Pemilu yang dilihat detikcom, Jumat (29/1/2021), disebutkan bahwa syarat pendidikan minimal calon presiden dan wakil presiden adalah perguruan tinggi. Syarat serupa berlaku juga untuk calon anggota DPR hingga Anggota DPRD.

Begini bunyi pasalnya:

Pasal 182 (Draf RUU Pemilu)

(2) Calon Presiden, Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, Gubernur, Wakil Gubernur, Anggota DPRD Provinsi, Bupati dan Wakil Bupati/ Walikota dan Wakil Walikota serta Anggota DPRD Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
j. berpendidikan paling rendah lulusan pendidikan tinggi atau yang sederajat;

Syarat ini berbeda dengan Pasal 240 UU Pemilu yang masih berlaku. Calon Presiden hingga Anggota DPR minimal pendidikannya adalah SMA atau sederajat.

Pasal 240 (UU Pemilu)
(1) Bakal calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota adalah Warga Negara Indonesia dan harus memenuhi persyaratan:
e. berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah kejuruan, atau sekolah lain yang sederajat;


Pasal 169

Persyaratan menjadi calon Presiden dan calon Wakil Presiden adalah:
r. berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah kejuruan, atau sekolah lain yang sederajat;

Simak video 'Eks HTI Dilarang Maju di Pemilu, PPP: Cenderung Diskriminatif':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2