Manfaat dan Keutamaan Ayat Kursi Setelah Sholat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 20:35 WIB
Muslim woman reading from the quran stock photo
Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik/Manfaat dan Keutamaan Ayat Kursi Setelah Sholat
Jakarta -

Membaca Ayat Kursi setelah sholat memiliki manfaat dan keutamaan yang sangat besar. Ayat Kursi dalam hadits riwayat Bukhari disebutkan bahwa ayat itu merupakan ayat paling mulia dalam Al Quran.

Orang yang membacanya bisa terlindungi dari setan.

Bacaan Ayat Kursi terdapat di dalam Surat Al Baqarah ayat 255:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ - ٢٥٥

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar." (QS Al Baqarah ayat 255).

Jika diteliti maksud Ayat Kursi secara umum, di dalamnya terkandung sifat-sifat utama Allah. Di antaranya Ketuhanan, Ke-Esaan, Hidup, Ilmu, Memiliki Kerajaan, Kekuasaan, dan Kehendak.

Seperti dilansir buku berjudul The Power of Wirid: Rahasia dan Khasiat Zikir Setelah Shalat untuk Kedamaian karya Luqman Junaidi, Ubay bin Ka'ab, salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW meriwayatkan Rasulullah SAW bertanya, "Abu Mundzir (sahabat Nabi Muhammad SAW), tahukah kamu ayat yang paling mulia dalam Al Quran?"

"Allah dan Rasul-Nya lebih tahu," jawab Ubay.

Beliau bertanya lagi, "Abu Mundzir, tahukah kamu ayat yang paling mulia dalam Al Quran yang ada bersamamu?"

Ubay kemudian membaca ayat kursi. Rasulullah SAW lantas menepuk dada Ubay dan berkata, "Abu Mundzir, demi Allah kamu akan dianugerahi ilmu." (HR Muslim).

Rasulullah bersabda:

Di dalam Surat Al Baqarah, ada satu ayat yang menjadi penghulu bagi seluruh ayat Al Quran. Tidaklah ia dibaca dalam rumah yang di dalamnya ada setan, melainkan setan akan keluar darinya. Itulah Ayat Kursi. (HR Al Hakim).

Rasulullah juga telah banyak bersabda tentang kelebihan atau keutamaan Ayat Kursi. Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat fardu, Allah akan memberinya hati orang yang bersyukur, amalan orang yang membenarkan Allah, pahala nabi-nabi, melimpahkan rahmat-Nya, dan tidak menghalanginya dari masuk surga melainkan kematian yang akan melakukannya. (HR An-Nasai).

Hal ini dikutip dari buku Ensiklopedia untuk Anak-Anak Muslim: Al-Mawsu'ah Lil-Attal al-Muslimin.

Setelah mengetahui manfaat dan keutamaan Ayat Kursi setelah sholat, sahabat hikmah hendaklah selalu membacanya.

(nwy/erd)