Kronologi Dugaan Rasisme Abu Janda ke Natalius Pigai hingga Dilaporkan KNPI

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 17:46 WIB
Abu Janda pelapor Rocky Gerung diperiksa polisi
Abu Janda (Foto: dok detikcom)
Jakarta -

Permadi Arya alias Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Abu Janda dilaporkan terkait cuitannya yang diduga mengandung rasisme terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim hari ini, Kamis (28/1/2021) dengan laporan bernomor: LP/B/0052/I/2021/Bareskrim pada Kamis 28 Januari 2021. Abu Janda dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 A ayat (2) juncto Pasal 25 ayat (2) dan/atau Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kebencian atau Permusuhan Individu dan/atau Antar Golongan (SARA), Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP.

"Telah diterima laporan kami secara kooperatif dari pihak polisi, sudah kami tunjukkan bukti-buktinya. Bahwa kami telah melaporkan akun Twitter @permadiaktivis1 yang diduga dimiliki Saudara Permadi alias Abu Janda. Yang kami laporkan adalah dugaan adanya ujaran kebencian dengan memakai SARA dalam tweet-nya tanggal 2 Januari tahun 2021 yang menyebut kau @nataliuspigai2 apa kapasitas kau, sudah selesai evolusi kau," kata Ketua Bidang Hukum KNPI Medya Riszha Lubis di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021).

Berikut kronologi hingga KNPI melaporkan Abu Janda:

2 Januari 2021

Abu Janda, melalui akun Twitter-nya @permadiaktivis1, menyinggung Natalius Pigai yang mengomentari kapasitas mantan Kepala BIN Hendropriyono dalam sebuah berita berjudul 'Pigai ke Jenderal Hendropriyono: Apa Kapasitas Bapak di Negeri Ini'.

Abu Janda kemudian memaparkan sejumlah jabatan yang pernah diduduki Hendropriyono. Dia lantas mempertanyakan balik kapasitas Pigai dalam cuitannya.

"Kapasitas Jenderal Hendropriyono: Mantan Kepala BIN, Mantan Direktur Bais, Mantan Menteri Transmigrasi, Profesor Filsafat Ilmu Intelijen, Berjasa di Berbagai Operasi militer. Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belum kau?," cuit Abu Janda.

Cuitan tersebut diunggah pada Sabtu (2/1). Namun saat ini cuitan tersebut sudah tidak terlihat lagi. Screenshot cuitan tersebut sudah menyebar di media sosial.

25 Januari 2021

Kasus dugaan rasialisme kepada Natalius Pigai yang dilakukan Ketua Umum PROJAMIN, Ambroncius Nababan mencuat. Ambroncius pun dilaporkan ke polisi hingga akhirnya ditahan.

Ambroncius dilaporkan gara-gara unggahannya di Facebook. Akun Facebook bernama Ambroncius Nababan mengunggah foto Natalius yang disandingkan dengan foto gorila. Dia juga menuliskan kalimat:

"Edodoeee pace. Vaksin ko bukan sinovac pace tapi ko pu sodara bilang vaksin rabies. Sa setuju pace," tulis Ambroncius.

26 Januari 2021

KNPI mengeluarkan pernyataan tertulis terkait dugaan rasisme kepada Natalius Pigai. KNPI menyebut Abu Janda sebagai orang yang pertama kali melakukan pernyataan rasis kepada Natalius.

Pernyataan rasis yang dimaksud KNPI adalah cuitan Abu Janda pada 2 Januari 2021 lalu. KNPI pun kemudian meminta polisi juga menindak tegas Abu Janda.

Simak video 'Diduga Rasisme Terhadap Natalius Pigai, Abu Janda Bakal Dipolisikan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2