Peringati Bulan K3, Pertamina Gelar Lomba soal Keselamatan Kerja

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 14:20 WIB
Peringati Bulan K3, Pertamina Gelar Lomba soal Keselamatan Kerja
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Pertamina melalui Regional Pemasaran Jawa Bagian Barat (JBB) menggelar serangkaian acara dalam memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2021. Kegiatan mulai dari virtual meeting, simulasi keselamatan, hingga perlombaan pun digelar Pertamina untuk menyemarakkan bulan K3.

Executive General Manager Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat Werry Prayogi menuturkan pada peringatan ini Pertamina akan menyampaikan salah satu upaya pencegahan keadaan darurat yakni simulasi Tabletop Emergency Drill yang dilakukan oleh tim Manajemen dan Pekerja di seluruh Lokasi JBB.

"Hal ini perlu dilakukan untuk melatih kita agar selalu mengutamakan Health, Safety, Security dan Environment (HSSE) dalam bekerja, menguasai diri dan lingkungan kerja jika terjadi keadaan darurat, apalagi khusus para pimpinan fungsi sebagai role model tentunya harus menjadi teladan dan contoh dalam berperilaku, sehingga nantinya kecelakaan kerja bisa dicegah dan diminimalisir potensinya sampai sekecil mungkin," ungkap Werry dalam dalam keterangan tertulis, Kamis (28/1/2021).

Menurut Werry, Pertamina memiliki karakteristik high energy, high capital dan high risk berpotensi tinggi dalam hal kecelakaan kerja. Sehingga tahap penanganan dan beberapa upaya pencegahan dilakukan oleh Pertamina.

"Maka dari itu, sebelum sampai pada tahap penanganan, beberapa upaya pencegahan dilakukan Pertamina, seperti menyiagakan manpower, membuat pemetaan risiko dan mitigasi bencana, serta menyiapkan opsi barrier terkait prosedur operasionalnya," jelas Werry.

Pada peringatan Bulan K3 nasional ke 51 tahun ini, Regional JBB menggelar 15 rangkaian kegiatan dan perlombaan mencakup semua aspek K3, yang akan berlangsung pada 19 Januari hingga 19 Februari 2021. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dalam virtual meeting, yang dihadiri Tim Manajemen dan seluruh pekerja dan mitra kerja di lingkungan Pertamina Regional JBB.

Selain itu ada beberapa agenda dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 juga akan dilakukan. Seperti Lomba Investigasi, Employee Journalism, Fleet Management, Slogan HSSE, Bikespection lembaga penyalur SPBU, Video Sosmed keselamatan mengenai safety dan protokol Covid yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat.

Adapun kegiatan lain yang rutin dilakukan selama mingguan di Bulan K3 yakni Cerdas Cermat dan Kuis Mingguan. Peringatan bulan K3 menjadi salah satu strategi Pertamina untuk terus berupaya menjaga aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan dalam operasional kegiatannya, demi meningkatkan kesadaran pegawai serta masyarakat dalam meminimalisir risiko keselamatan kerja.

(akn/ega)