Sutiyoso Kenang Wismoyo Arismunandar: Berpenampilan Sangar tapi Perasa

Sudrajat - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 14:19 WIB
Mayjen Wismoyo Arismunandar (tengah) bersama Brigjen Ilyas Yusuf (kanan), Jakarta, 1992. [TEMPO/ Rini PWI; 17D/235/1993; 20020626].
Foto: dok. Tempo
Jakarta -

Letjen TNI (Purn) Sutiyoso turut berdukacita atas wafatnya Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar. Sutiyoso mengaku sangat dekat Wismoyo, jenderal TNI yang menurutnya berpenampilan sangar tapi sebetulnya perasa.

"Saya amat dekat dengan almarhum Bapak Wismoyo. Kedekatan saya baik secara kedinasan maupun pribadi. Lama bersama di Kopassus, dan saat beliau jadi Pangkostrad, saya pun ditarik sebagai pembantu utamanya menjadi Asops Kostrad," kata Sutiyoso kepada wartawan, Kamis (28/1/2021).

"Setiap kunjungan ke LN, kami selalu bertiga, Pak Wis, saya, dan Prabowo (Menhan saat ini)," imbuhnya.

Kedekatan Sutiyoso dengan Wismoyo Arismunandar tidak hanya terjalin saat keduanya masih aktif di TNI. Sutiyoso menyebut masih membantu saat Wismoyo purnatugas dari TNI.

"Saat beliau pensiun dan jadi Ketua KONI, saya masih membantu sebagai Ketua Perbakin, Ketua Perbasi, dan terakhir Ketua PBSI," terang Sutiyoso.

Sutiyoso tak memungkiri Wismoyo memiliki perawakan yang sangar. Namun, menurut mantan Pangdam Jaya itu, Wismoyo sebetulnya memiliki hati yang lembut.

"Berpenampilan sangar dan keras, banyak orang tidak tahu kalau hatinya lembut dan perasa," ucapnya.

Selain itu, Wismoyo dikenal sebagai jenderal yang berpegang teguh terhadap profesionalisme. Itu yang menurut Sutiyoso selalu ditekankan Wismoyo dalam membina prajurit TNI.

"Dalam membina prajurit, beliau sangat menekankan profesionalisme, jiwa korsa, kesetiaan sesama prajurit TNI, utamanya negara dan bangsa," sebut Sutiyoso.

Sutiyoso tak memungkiri kehilangan sosok Wismoyo Arismunandar. Dia berharap yang terbaik untuk mantan KSAD itu.

"Tentu saja saya merasa kehilangan dan duka yang amat dalam karena bagi saya beliau adalah kakak komandan juga sahabat yang tidak mungkin bisa dilupakan," tutur Sutiyoso.

"Saya hanya bisa melepas dengan ikhlas. Semoga husnul khatimah, diampuni semua dosanya, diterima amal ibadahnya, dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Amin amin ya rabbal alamin. Selamat jalan, Idolaku," sambung dia.

Seperti diketahui, Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar wafat dini hari tadi karena sakit. Jenazah Wismoyo akan disemayamkan di kediaman Jl Gempol No 10 Raya Bambu Apus, Jakarta Timur. Baru selanjutnya dibawa ke Giribangun, Solo.

Simak video 'Sosok Wismoyo Arismunandar, Mantan KSAD yang Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/fjp)