Wismoyo Arismunandar, Jenderal TNI yang Selalu Pakai Arloji di Tangan Kanan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 13:04 WIB
Wismoyo Arismunandar
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar wafat dini hari tadi karena sakit. Semasa hidupnya, Wismoyo Arismunandar memiliki cirikhas memakai jam tangan di tangan kanan. Apa alasannya?

Sebagaimana diketahui, umumnya orang memakai jam tangan di tangan kirinya. Dikutip dari buku 'Mengapa hidung anjing basah?: dan mengapa-mengapa yang lainnya' yang ditulis David Feldman, orang memakai jam di tangan kiri karena agar mudah memasang jam tangannya memakai tangan kanan. Namun ini tidak berlaku bagi orang kidal.

Hal ini juga karena tangan kanan kerap dipakai untuk berbagai macam aktivitas. Tangan kiri dipakaikan jam tangan karena jarang digunakan untuk banyak kegiatan. Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar termasuk yang memakai jam di tangan kanan untuk tujuan tertentu.

Berdasarkan pemberitaan detikcom tahun 2007, kala Jenderal Wismoyo Arismunandar menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat jam tangan dipergunakan sebagai simbol kesatuan komando. Semua jajaran prajurit TNI Angkatan Darat dari komandan yang berpangkat paling tinggi sampai prajurit dengan pangkat paling rendah harus memakai jam tangan di tangan kanan.

Jam tangan bagi Jenderal Wismoyo pada masa itu dipergunakan sebagai pengikat soliditas, kesatuan komando, dan membedakan prajurit TNI Angkatan Darat dengan masyarakat sipil. Pada masa itu setiap kita dapat mengenali bahwa orang yang memakai jam tangan di tangan kanan, meskipun tidak memakai seragam tentara, sudah hampir dapat dipastikan bahwa orang tersebut merupakan prajurit TNI Angkatan Darat.

Selain itu, seperti dilihat detikcom dalam video-video penampilannya, Wismoyo Arismunandar memang selalu tampak memakai jam tangan di tangan kanannya.

Akibat kebiasaannya memakai jam tangan di tangan kanan, Wismoyo Arismunandar dikenal sebagai Jenderal TNI yang memiliki cirikhas.

Simak video 'Sosok Wismoyo Arismunandar, Mantan KSAD yang Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2