Sepak Terjang Wismoyo Arismunandar: Dari Militer Hingga Olahraga

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 11:56 WIB
Wismoyo Arismunandar
Foto: Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar (Rengga Sancaya)
Jakarta -

Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia dini hari tadi karena sakit. Selain dikenal aktif di militer, Wismoyo Arismunandar juga sempat memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Kabar duka ini awalnya dibenarkan oleh Kadispenad TNI Brigjen Nefra dikonfirmasi, Kamis (28/1/2021). Brigjen Nefra meneruskan pesan wafatnya Wismoyo Arismunandar.

"Inalillahi wainalillahirojiun, Telah meninggal dunia Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar jenazah dibawa ke Giribangun-Solo," bunyi pesan yang dikirimkan Brigjen Nefra.

Sementara itu, Kepala Humas DPP PEPABRI Djoko Saksono seperti dikutip dari Facebooknya menyebut Wismoyo Arismunandar wafat pada pukul 04.29 WIB. Wismoyo disebut meninggal dunia di RS Pondok Indah Jakarta karena sakit.

Wismoyo Arismunandar lahir di Bondowoso 80 tahun lalu. Wismoyo merupakan ipar Presiden ke-2 RI Soeharto.

Di militer, Wismoyo Arismunandar pernah menjabat Pangdam XVII/Trikora pada tahun 1986. Setelahnya atau di tahun 1989, Wismoyo Arismunandar menjabat Pangdam IV/Diponegoro.

Wismoyo juga pernah menjabat Pangkostrad di tahun 1990 dan Wakasad pada 1992. Terakhir dia menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di tahun 1993 atau era Soeharto. Sedangkan Panglima ABRI saat itu adalah Feisal Tanjung.

Wismoyo selalu menyempatkan hadir saat pelantikan KSAD yang baru. Salah satunya saat Letnan Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo dilantik menjadi KSAD pada tahun 2007.

Dikutip dari buku biografi Sintong Pandjaitan, 'Sintong & Prabowo: dari 'kudeta L.B. Moerdani' sampai 'kudeta Prabowo' karya A Pambudi, di akhir karier militernya, Wismoyo juga sempat aktif di dunia olahraga. Dia diamanati menjadi Ketua KONI pada tahun 1995. Dia dianggap sebagai sosok yang membawa prestasi olahraga Indonesia ke era milenium baru.

Selanjutnya
Halaman
1 2