Dede Yusuf: Sandi Tantang Saya Lari Pagi di GBK, 2 Anggota DPR Bersedia

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 11:19 WIB
Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf
Dede Yusuf (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan memprotes posting-an Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno soal ajakan lari pagi. Komisi X DPR RI memberikan penjelasan mengenai ajakan Sandi itu.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menjelaskan sebenarnya hanya dirinya yang janjian lari pagi bersama Sandiaga Uno. Menurutnya, saat itu Sandiaga mengajak Dede Yusuf lari pagi dalam pertemuan silaturahmi antara Menparekraf Sandiaga dan pimpinan Komisi X DPR.

"Nggak sih, sebetulnya yang janjian lari dengan Sandi adalah saya. Kita lagi bahas soal menjaga kesehatan di usia tidak muda lagi. Pas kita sedang silaturahmi dengan para pimpinan sebelumnya," ujar Dede saat dimintai konfirmasi, Kamis (28/1/2021).

Dede Yusuf menjelaskan pertemuan silaturahmi tersebut tidak dihadiri 50 anggota Komisi X DPR RI. Ia juga mengatakan pertemuan itu hanya dihadiri pimpinan dan ketua kelompok fraksi (kapoksi) Komisi X DPR.

"Nggak (dihadiri 50 anggota Komisi X DPR), hanya pimpinan dan kapoksi. Sehari sebelum raker. Silaturahmi biasa," ujarnya.

Lebih lanjut Dede Yusuf mengatakan awalnya Sandiaga menantang dirinya lari pagi di GBK. Namun hanya dua anggota yang menghadiri ajakan tersebut karena lokasi rumah mereka dekat dengan GBK.

"Dia tantang saya, tapi yang bersedia hanya dua orang yang rumahnya dekat GBK. Kalau saya lari di GBK, kejauhan, jadi saya lari di sekitar rumah saja," ujarnya.

Menurut Dede Yusuf, mungkin caption yang ditulis tim Sandi di akun media sosialnya kurang tepat. Namun ia mengatakan tim Sandi sudah meminta maaf.

"Cuma mungkin caption yang ditulis tim Mas Sandi agak kurang pas saja. Jadi beliau sudah minta maaf atas keteledoran timnya," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Putra Nababan berang terhadap Sandiaga Uno karena dia menganggap Sandi mem-framing anggota Dewan tidak bisa bangun pagi.

Menurut Putra Nababan, Sandiaga lewat akun media sosial Instagram @sandiagauno menuliskan hanya 2 dari 50 lebih anggota Komisi DPR yang menerima ajakan lari pagi. Putra Nababan juga menyebut unggahan itu sudah dihapus.

"Dari 50 lebih anggota Dewan di Komisi X, hanya 2 yang hari ini menerima ajakan lari pagi saya sembari meninjau usaha-usaha ekonomi kreatif yang ada di kawasan GBK. Untuk komisi X yang lain, saya dan Bu @dewicoryati tunggu di hari Selasa depan. Kita olahraga sambil bertukar pikiran untuk menggarap potensi lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sampai jumpa!" kata @sandiuno di Instagram pribadinya tersebut, seperti dikutip dalam rilis Putra Nababan, Rabu (27/1).

Simak video 'Aksi Sandiaga Uno Jajal Mini Triatlon di Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/gbr)