Wali Kota Semarang Ingin PKK Gencar Edukasi Warga Disiplin Prokes

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 19:17 WIB
Hendrar Prihadi
Foto: Pemkot Semarang
Jakarta -

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta jajaran PKK kota Semarang untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam penanganan pandemi COVID-19. Pada rapat koordinasi Tim Penggerak PKK Kota Semarang secara virtual, Hendi menyebut PKK memiliki perang penting untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan penularan virus Corona.

"PKK dapat ikut berperan di dalam mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak tertular COVID-19. Sampaikan kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ataupun pengembangannya menjadi 4M atau 5M silakan," kata Hendi dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Ia menegaskan langkah edukasi harus dilakukan secara berkelanjutan agar masyarakat selalu ingat dan sadar untuk menegakkan protokol kesehatan (prokes). Semua informasi yang disampaikan juga harus jelas agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

"Ini agar tidak terjadi disinformasi di masyarakat, karena ada sebagian dari kelompok masyarakat, meskipun kecil, tapi dapat berdampak ke yang lain, karena masih enggan memakai masker, baik dalam interaksi sosial maupun pelaksanaan agenda kemasyarakatan," jelas Hendi.

Dia juga meminta agar PKK dapat semakin peka melihat kondisi sosial dan ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya. PKK bisa berperan memberikan informasi kepada pihak terkait, siapa saja warga yang membutuhkan bantuan.

"PKK harus bisa tampil di depan melihat dan jika memungkinkan ikut membantu secara detail siapa saja yang hari ini susah makan atau terdampak pandemi ini," terang Hendi.

Sementara itu, Hendi mengapresiasi para kader PKK yang telah menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada warga. PKK juga dikatakan Hendi berpartisipasi aktif mendukung pembangunan di Kota Semarang.

"Jajaran PKK merupakan salah satu organisasi dengan loyalitas kader tanpa pamrih dengan memberikan kemanfaatan dan peran yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Peran ini harapannya dapat terus ditingkatkan khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini," sanjung Hendi.

Ketua TP PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi menyampaikan pihaknya akan terus siap berjalan selaras dengan berbagai program Pemerintah Kota Semarang untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sebagai informasi, rakor virtual yang melibatkan berbagai OPD Kota Semarang itu di antaranya membahas program unggulan, sinkronisasi program kerja, sistem dan manajemen kerja sekaligus optimalisasi berbagai program PKK Kota Semarang di tahun 2021.

(mul/ega)