Jenderal Listyo Sigit Prabowo Ingin Polsek Lebih Dekat dengan Warga

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 18:23 WIB
Presiden Jokowi melantik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan rencananya menjadikan peran kepolisian sektor atau polsek di tingkat kecamatan sebagai basis resolusi. Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuturkan, ke depannya, polsek-polsek tertentu tidak lagi dibebani tugas penegakan hukum.

"Menjadikan polsek sebagai basis resolusi dengan memprioritaskan kegiatan harkamtibmas, sehingga ke depan di beberapa polsek-polsek tertentu tidak lagi kita bebani dengan tugas penyidikan, sehingga di polsek-polsek tersebut nantinya hanya dibebani tugas preemtif dan preventif dan juga penyelesaian-penyelesaian masalah dengan restorative justice," ujar Listyo Sigit Prabowo.

Hal itu disampaikan dia dalam uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di ruangan Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2021) lalu. Listyo Sigit Prabowo nantinya polres yang menaungi polsek-polsek tertentu itu akan mengambil alih beban tugas penyelidikan dan penyidikan. Strategi ini diharapkan mampu membuat polsek lebih dekat dengan masyarakat ke depannya.

"Untuk penegakan hukum, di wilayah-wilayah tertentu secara bertahap akan ditarik ke tingkat polres, sehingga demikian kami harapkan sosok polsek di era ke depan akan lebih dekat dengan masyarakat karena mereka melakukan upaya-upaya yang bersifat pencegahan," kata Listyo Sigit Prabowo.

"Melakukan upaya-upaya pemecahan masalah dengan musyawarah, dengan kegiatan yang bersifat restorative justice, dan hal-hal yang tentunya mengutamakan kegiatan-kegiatan yang menghindari penegakan hukum," imbuh Listyo Sigit Prabowo.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara tadi pagi. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan akan menjadikan Polri sebagai lembaga penegak hukum yang tegas tapi humanis.

"Hari ini secara resmi Bapak Presiden telah melantik saya menjadi Kapolri yang ke-25. Oleh karena itu, tentunya bagaimana telah kami sampaikan terkait dengan program yang ada di fit and proper test, bagaimana ke depan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas dan humanis," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

"Bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan," sambung Sigit.

(aud/tor)