Kapolri: Soliditas Internal Terjalin Baik, Terima Kasih Pak Idham Azis

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 16:25 WIB
Presiden Jokowi melantik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan soliditas internal Polri sampai saat ini masih terjalin baik. Jenderal Sigit mengatakan soliditas yang terjalin baik ini berkat warisan yang diberikan oleh Kapolri sebelumnya, Jenderal Idham Azis.

Hal itu diungkapkan Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan panji-panji Polri. Acara digelar di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Rabu (27/1/2021).

Jenderal Sigit awalnya mengungkapkan proses pemilihan calon Kapolri sampai dirinya menjalani proses fit and proper test di DPR berjalan dengan baik. Seluruh alumni Akademi Kepolisian mulai angkatan 1987 sampai 2024 turut mendampinginya di Senayan.

"Bagaimana kita ketahui rangkaian suksesi kepemimpinan Polri telah berlangsung dengan lancar dan kondusif. Dimulai surpres (surat presiden) dikirim ke DPR, mengirimkan calon tunggal Kapolri, Bapak Kapolri, Bapak Jenderal Idham Azis, pada saat itu mengantarkan calon Kapolri baru yang akan mengikuti fit and proper test dan itu merupakan tradisi baru yang menjadi nilai-nilai yang akan kita kenang dan tentunya akan kita lanjutkan," ungkapnya.

"Di dalam proses pelaksanaan fit and proper test, pada saat itu kami didampingi seluruh perwakilan angkatan yang ada di Kepolisian, mulai senior angkatan 87 Pak Kalemdiklat dan Pak Irwarsum angkatan 88 Pak Kapolri 89 ada Pak Kabaharkam kemudian angkatan 90, 91 dan juga adik-adik baik dari 93, 94, 95 bahkan sampai 2024 termasuk ada perwakilan Bintara, Polwan, semua yang terlibat tidak bisa saya sebutkan satu-satu," lanjutnya.

Jenderal Sigit kemudian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jenderal Idham Azis atas soliditas yang telah dibentuk. Jenderal Sigit berjanji akan menjaga soliditas yang telah diwariskan Jenderal Idham Azis.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa soliditas internal Polri terjalin baik. Terima kasih, Bapak Jenderal Idham Azis, yang telah memberikan semua ini untuk kita semua untuk kita warisi," ujarnya.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pengabdiannya menjadi Kapolri merupakan sebuah amanat besar yang harus dipertanggungjawabkan, baik kepada masyarakat, undang-undang, juga kepada Tuhan. Untuk itu, dia berkomitmen akan selalu berbuat yang terbaik ke depannya.

"Penunjukan sebagai Kapolri merupakan suatu amanah besar yang sangat besar bagi saya, mengandung konsekuensi, pertanggungjawaban, tidak hanya pada hukum dan peraturan perundang-undangan kepada masyarakat, bangsa, negara, juga kepada Tuhan Yang Mahakuasa," ucapnya.

"Oleh karena itu, niat baik dan komitmen untuk selalu berbuat yang terbaik menjadi landasan bagi saya dalam mengelola institusi Polri semakin baik ke depannya," sambungnya.

Lebih lanjut Jenderal Sigit juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jenderal Idham dan sang istri Fitri Idham Azis, yang telah berkenan hadir dalam acara hari ini. Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan serangkaian acara hari ini tidak dapat melukiskan pengabdian panjang yang telah disematkan Jenderal Idham kepada Polri.

"Pada momentum bersejarah ini, atas nama jajaran Polri, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Jenderal Idham Azis beserta Ibu yang berkenan hadir di tengah-tengah keluarga besar Polri. Acara ini adalah ungkapan rasa cinta dan terima kasih serta kebanggaan seluruh keluarga besar Polri kepada Bapak yang telah mendarmabaktikan segenap jiwa dan raga kurang-lebih 33 tahun di institusi Polri. Meski demikian, kami menyadari sepenuhnya bahwa acara ini tidak akan dapat merangkum dan melukiskan pengabdian panjang yang telah Bapak sematkan kepada Polri, masyarakat dan negara," imbuhnya.

(gbr/gbr)