Menag Gus Yaqut: Presiden Ingin Konsep Pesantren Mandiri Selesai 6 Bulan

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 14:00 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Ilustrasi: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pesantren mandiri bisa diwujudkan secepatnya. Untuk itu konsep pesantren mandiri harus bisa diselesaikan dalam waktu enam bulan.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut usai bersilaturahmi ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta pada Selasa petang, 26 Januari 2021 kemarin.

"Salah satu yang diinginkan Presiden itu bagaimana pesantren bisa mandiri secepatnya. Konsep pesantren mandiri itu harus selesai dalam waktu enam bulan. Sekali lagi saya mohon doa dari kiai dan kita semua," kata Gus Yaqut seperti dikutip Tim Hikmah detikcom dari laman Kemenag.go.id.

Kepada Ketum PBNU Said Aqil Siradj dan pengurus PBNU yang hadir, Menag Gus Yaqut mengatakan bahwa Presiden tidak memberinya waktu yang panjang untuk menyelesaikan sejumlah tantangan di Kemenag. Tugas itu tak ringan, sehingga Gus Yaqut merasa sangat perlu dukungan doa dari Ketum PBNU Said Aqil, pengurus PBNU dan segenap warna NU di Tanah Air.

"Saya mohon doanya Kiai Said Aqil dan keluarga besar PBNU. Saya menyadari tantangan saya di Kemenag tidaklah mudah, baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Presiden tidak memberi waktu panjang kepada saya, melainkan waktu yang pendek," kata Gus Yaqut.

Kepada segenap pengurus PBNU yang hadir, Gus Yaqut mengaku bahwa ketika ditunjuk sebagai Menteri Agama, orang yang pertama dia ingat adalah Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj. Dia ingat betul salah satu nasihat KH Said tentang agama adalah inspirasi.

Nasihat itu kemudian dia teruskan ke Sekjen dan seluruh jajaran staf di Kemenag baik di tingkat pusat mau pun di daerah.

Dalam kesempatan itu Kiai Said mengakui tugas sebagai Menteri Agama yang diemban oleh Gus Yaqut sangatlah berat. Terutama tugas mengembalikan agama yang universal dan menginspirasi.

"Mari kita doakan Gus Yaqut dalam mengemban amanah dan membangun marwah Kemenag ke depan serta menjadi sentral kemanusiaan. Mudah-mudahan semua langkah Menag diberi karomah dan diberkahi oleh Allah, aamiin," kata Kiai Said.

Simak video 'Menag Yaqut: Kerukunan Antarumat Beragama Modal Bangsa untuk Maju':

[Gambas:Video 20detik]



(erd/nwy)