Baca Duplik, Pengacara Minta Pinangki Bebas dari Tuntutan Jaksa

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 11:11 WIB
Sidang Pinangki kasus suap fatwa MA
Sidang Pinangki Sirna Malasari pada Rabu, 27 Januari 2021. (Zunita Putri/detikcom)
Jakarta -

Pinangki Sirna Malasari, melalui pengacaranya, menyampaikan duplik atau tanggapan atas replik jaksa atas nota pembelaan (pleidoi) yang disampaikan Pinangki. Pengacara Pinangki meminta hakim menerima pleidoi Pinangki dan membebaskannya dari dakwaan dan tuntutan jaksa.

"Menerima seluruh nota pembelaan dan duplik yang diajukan terdakwa dan penasehat hukum; Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan yang didakwakan jaksa penuntut umum pada dakwaan pertama dan dakwaan kedua," ujar pengacara Pinangki, Jefri Moses Kam, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Jefri juga meminta hakim membebaskan Pinangki dari dakwaan dan tuntutan jaksa. Dia meminta Pinangki dibebaskan.

"Membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan dan runtutan jaksa penuntut umum; memerintahkan terdakwa segera dikeluarkan dari tahanan," kata Jefri.

Pengacara Pinangki menyampaikan keberatan atas replik dan tuntutan jaksa. Adapun poin-poin yang disampaikan dalam duplik adalah:

- Pinangki tidak terbukti menerima uang
- Djoko Tjandra mengetahui Pinangki tidak memiliki kewenangan yang berkaitan perkaranya
- Pinangki tidak melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU)
- Pinangki tidak pernah melakukan permufakatan jahat dengan Andi Irfan Jaya dan Djoko Tjandra

"Tuduhan JPU mengenai adanya pemufakatan jahat antara terdakwa, Andi Irfan jaya dan Joko Soegiarto Tjandra, untuk memberikan uang kepada Pejabat di Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung tidak terbukti," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2