Jokowi Targetkan 1 Hari 1 Juta Orang Bisa Divaksinasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 09:09 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sudah ada 250 ribu tenaga kesehatan yang divaksinasi dan angkanya bisa melonjak karena saat ini vaksinasi bisa mencakup 50 ribu dalam sehari. Jokowi mematok target tinggi terkait vaksinasi ke depannya.

"Kita harapkan memang targetnya karena kita memiliki 30 ribu vaksinator yang ada di kurang lebih 10 ribu puskesmas kita maupun di 3.000 rumah sakit kita. Kita harapkan sebetulnya sehari paling tidak bisa 900 sampai 1 juta yang bisa divaksin. Ini target," kata Jokowi setelah menjalani vaksinasi ke-2 di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Jokowi menyadari target vaksinasi sehari 1 juta orang ini memerlukan waktu. Dia menyebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin harus menyiapkan manajemen lapangan yang mumpuni.

"Tapi itu memang perlu waktu, perlu manajemen lapangan yang baik dan ini yang selalu terus saya sampaikan ke Menteri Kesehatan," tutur Jokowi.

Diketahui, Jokowi menjalani vaksinasi tahap pertama pada Rabu (13/1) lalu. Dia menjalani vaksinasi bersama sejumlah pejabat dan tokoh publik.

Hari ini Jokowi menjalani vaksinasi ke-2. Vaksinasi ke-2 ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021). Acara ini disiarkan langsung lewat akun YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi tampak memakai masker dan duduk mengenakan jaket berwarna merah. Kemudian dia melepaskan sedikit jaketnya dan vaksinator menyuntikkan vaksinasi ke-2. (gbr/knv)