Usai Vaksinasi Ke-2, Jokowi Ingatkan Jaga Prokes: Hindari Kerumunan!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 08:59 WIB
Jokowi Jalani Vaksinasi ke-2 di Istana, Begini Momennya
Foto: YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjalani vaksinasi ke-2 dengan vaksin Corona merek Sinovac. Jokowi mengingatkan bahwa masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan meski sudah divaksinasi.

"Meskipun nantinya sudah divaksin, kita tetap jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga secara disiplin," kata Jokowi di halaman Istana Kepresidenan, Rabu (27/1/2021).

Jokowi mengingatkan bahwa protokol 3M menjadi kunci untuk mencegah penularan Corona. Dia juga mewanti-wanti agar masyarakat tidak berkerumun.

"Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak penting karena kuncinya juga ada di situ. Selain vaksinasi, kunci kedua menjaga protokol kesehatan, hindari kerumunan, kurangi mobilitas ke mana-mana," ungkapnya.

Sebelumnya, Jokowi juga menceritakan momen vaksinasi ke-2 yang baru dijalaninya. Sama seperti 2 pekan lalu, Jokowi tak merasakan apa-apa saat disuntik.

"Sama seperti yang dilakukan 2 minggu lalu tidak terasa," ucapnya.

Jokowi juga menduga rasa pegal-pegal mungkin juga akan timbul setelah menjalani vaksinasi ke-2. Meski begitu, dia menyebut akan langsung beraktivitas seperti pada tahap vaksinasi pertama.

"Kalau dulu setelah 2 jam hanya pegal-pegal, sekarang saya kira juga sama aja, saya juga aktivitas ke mana-mana juga," ujarnya.

(imk/gbr)