Jokowi Ungkap yang Dirasakannya Setelah Vaksinasi Ke-2

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 08:54 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani vaksinasi ke-2 di Istana Negara pagi ini. Jokowi mengaku tidak merasakan apa-apa setelah menjalani vaksinasi.

"Jadi setelah suntikan vaksin pertama itu di 13 Januari lalu, 2 minggu yang lalu, sekarang hari ini saya mendapatkan suntikan vaksin yang kedua," kata Jokowi seusai vaksinasi, Rabu (27/1/2021).

Jokowi tampak disuntik vaksin Corona sekitar pukul 08.30 WIB oleh vaksinator. Seusai vaksinasi ke-2, Jokowi menyebut rasanya sama seperti vaksinasi tahap pertama.

"Sama seperti yang dilakukan 2 minggu lalu, tidak terasa," ucapnya.

Jokowi juga menduga rasa pegal-pegal mungkin juga akan timbul setelah menjalani vaksinasi ke-2. Meski begitu, dia menyebut akan langsung beraktivitas seperti pada tahap vaksinasi pertama.

"Kalau dulu, setelah 2 jam hanya pegal-pegal, sekarang saya kira juga sama aja, saya juga aktivitas ke mana-mana juga," ujarnya.

Vaksinasi ke-2 ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1). Acara ini disiarkan langsung lewat akun YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi tampak memakai masker dan duduk mengenakan jaket berwarna merah. Kemudian dia melepaskan sedikit jaketnya dan vaksinator menyuntikkan vaksinasi ke-2.

Untuk diketahui, vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac memang memerlukan dua kali tahap penyuntikan dengan dosis masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari. Vaksinasi kedua ini akan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerima suntikan pertama vaksin pada Rabu (13/1). Saat itu, Jokowi divaksin bersama Kapolri Jenderal Idham Aziz, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, beserta sejumlah pejabat dan masyarakat lainnya.

(maa/gbr)