Istri Waka DPRD Sulut Diseret Mobil, Komnas Perempuan Dorong Kasus Dipolisikan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 05:56 WIB
Jakarta -

Viral video istri Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara (Sulut) James Arthur Kojongian, Michalea Paruntu yang diseret saat menghadang mobil suaminya ketika kedapatan selingkuh. Komnas Perempuan mendorong agar kasus ini dilaporkan ke polisi.

Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini mengatakan kasus kekerasan rumah tangga seperti yang dialami Michalea Paruntu sering terjadi. Namun korban takut melaporkan kepada polisi.

"Kasus seperti ini banyak terjadi. Istri kerapkali mengalami KDRT saat suami berselingkuh. Ketakutan mengalami kekerasan yang lebih parah menyebabkan istri seringkali memilih diam dan tidak melaporkan kekerasan yang dialaminya," kata Theresia kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Theresia mengatakan permasalahan kekerasan dalam rumah tangga terbilang rumit. Sebab, polisi tidak bisa memulai proses hukum sebelum adanya aduan.

"Ini tricky memang. Kalau penganiayaan itu harusnya tidak perlu laporan, polisi bisa langsung memeriksa tetapi karena ini dianggap sebagai masalah rumah tangga jadinya diposisikan sebagai delik aduan," jelas dia.

Theresia berharap kasus ini segara dilaporkan ke polisi. Laporan bisa dibuat oleh keluarga korban atau komunitas.

"Harapan saya si istri aman ya dan jika terjadi sesuatu maka keluarga atau tetangga bisa segera melapor pada polisi. KDRT itu kejahatan jadi seharusnya pelaporan dari siapapun bisa dianggap sah karena ini menyangkut nyawa manusia," tutur dia.

"Untuk KDRT yang korban kesulitan melaporkan maka penting keterlibatan dari pihak keluarga/komunitas untuk membantu, apalagi di masa pandemi. Survei online kami menemukan bahwa perempuan korban mayoritas tidak melaporkan kekerasan dalam rumah tangga pada masa pandemi," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2