Baru Dibuka 5 Hari, TPU Bambu Wulung Jaktim Sudah Terisi 162 Jenazah COVID

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 15:01 WIB
TPU Srengseng Sawah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, kini dipakai untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19. Hal ini menyusul makam di dua TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur untuk COVID-19 di blok muslim dinyatakan penuh.
Foto: DEDYISTANTO
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta baru membuka TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur, khusus untuk jenazah COVID-19. Hal itu seiring dengan penuhnya TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Nurcahyo mengatakan TPU Bambu Wulung dibuka untuk pemakaman COVID-19 pada Kamis (21/1). Hingga Senin (25/1), sudah ada 162 jenazah yang dimakamkan di TPU Bambu Wulung.

"Per tanggal 25 pukul 20.00 WIB, itu 162 (jenazah)," ujar Ivan kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Ivan menjelaskan total TPU Bambu Wulung tersedia 800 petak makam khusus untuk jenazah COVID-19. Sebanyak 800 petak itu berada di area seluas 3.000 meter persegi.

"Kapasitas petak makamnya 800 petak makam. Kalau untuk area sekitar 3.000 meter yang sudah siap," katanya.

Ivan menjelaskan TPU Bambu Wulung disediakan khusus untuk jenazah muslim. Sedangkan untuk jenazah nonmuslim dimakamkan di TPU Tegal Alur.

"Iya, Bambu Wulung semua yang muslimnya. Yang untuk Kristen kita kirim ke Tegal Alur. Tapi yang lokasi-lokasi lain itu terima, tapi untuk tumpang," ucapnya.

Saat ini Pemprov DKI menyiapkan 4 TPU khusus pemakaman COVID-19. Lokasi pertama yang disiapkan ada TPU Srengseng Sawah dan saat ini sudah penuh. Kemudian TPU Bambu Wulung.

TPU lainnya yang disiapkan adalah TPU Tegal Alur, yang berada di Jalan Sahabat dan TPU Rorotan. Dua lokasi ini masih dalam proses untuk dapat digunakan sebagai tempat pemakaman khusus COVID-19.

(man/dwia)