Pemprov DKI Targetkan TPU Rorotan Khusus COVID Bisa Digunakan Februari

ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Targetkan TPU Rorotan Khusus COVID Bisa Digunakan Februari

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 13:41 WIB
Pemprov DKI Jakarta kembali membuka lahan baru pemakaman jenazah COVID-19 seluas 3.000 meter persegi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.
TPU Bambu Apus (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menargetkan TPU Rorotan, Jakarta Utara, bisa digunakan untuk tempat pemakaman jenazah pasien COVID-19 pada Februari mendatang. Tercatat ada empat TPU untuk pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19 yang disiapkan.

"Sampai saat ini yang kita siapkan empat lokasi. Yang pertama itu Srengseng Sawah itu 5.000 meter persegi. Yang kita tutup sudah 560 petak. Per tanggal 25 kan kita tutup kemarin, ya," ujar Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Nurcahyo kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Lokasi kedua adalah TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur. TPU ini sudah bisa digunakan untuk pemakaman COVID-19. Hingga Senin (25/1), sudah ada 162 jenazah yang dimakamkan di TPU Bambung Wulung.

"Kapasitas petak makamnya 800 petak makam. Kalau untuk area sekitar 3.000 meter yang sudah siap," ucapnya.

Lokasi ketiga berada di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, yang berada di Jalan Sahabat. Ada 1,3 hektare lahan yang disiapkan.

"TPU Tegal Alur, yang posisi di Jalan Sahabat Tegal Alur. Itu luasnya kira-kira sekitar 1,3 hektare, ya. Itu kita siapkan pemakaman jenazah muslim protap COVID. Sejumlah 2.700 petak. Saat ini posisi masih persiapan, yang di Jalan Sahabat itu," katanya.

Kemudian lokasi pemakaman khusus yang disiapkan berikutnya ada di TPU Rorotan. Pemprov DKI menargetkan TPU Rorotan dapat digunakan pada Februari 2021.

"Keempat, itu Rorotan, yang teman-teman pasti sudah tahu semua ya soal TPU Rorotan. Rorotan itu luasnya 8.100 meter persegi, itu petak yang disiapkan 1.500 petak untuk muslim juga rencananya di situ," ucapnya.

"Rorotan sebenarnya petak di sana sudah siap, tapi sekarang tinggal buat jalannya atau akses menuju ke pemakamannya. Ya mudah-mudahan sih kalau kita bisa kejar nih dan cuaca terang terus, nggak banyak hujan, bisa kita segerakan di minggu pertama atau minggu kedua di bulan Februari," imbuhnya.

(man/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT