Cegah Banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang, Kali Cakung Akan Dilebarkan

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 13:32 WIB
Mobil mogok ditengah banjir di Bawah Kolong Tol JORR Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Jalan Drainase yang buruk dan hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya, mengakibatkan banjir dan menyulitkan akses warga bekasi menuju Jakarta maupun sebaliknya .
Banjir merendam kolong tol JORR Kalimalang. (Agung Pambudhy/detikcom)
Bekasi - Banjir kerap terjadi di kolong Tol JORR Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat, jika hujan. Pemkot Bekasi memiliki sejumlah rencana untuk mencegah banjir terjadi di kolong Tol JORR Kalimalang.

"Jangka pendeknya adalah kita melakukan restorasi, kita akan mengangkat sedimentasi, kemudian akan meningkatkan kapasitas dari kinerja sungai," ujar Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (26/1/2021).

Tri menjelaskan Kali Cakung selalu meluap saat hujan. Menurutnya, Kali Cakung meluap karena terjadi penyempitan, salah satunya terjadi di Kota Bintang.

Karena itu, Pemkot Bekasi berencana melakukan pelebaran Kali Cakung. Sebab, saat ini lebar Kali Cakung di Kota Bintang hanya 3 meter (m).

"Pemkot juga nanti akan melebarkan yang ada di Kali Cakung, persisnya di Kota Bintang yang sekarang hanya 3 meter (m), kemudian nanti bisa 6-7 meter," terang Tri.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi menjelaskan faktor penyebab terjadinya banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Dinas BMSDA Kota Bekasi menyebut banjir terjadi karena sumbatan sampah di saluran air jalan tersebut.

"Tadi sepertinya ada spanduk yang ditaruh di inlet, ini faktor sosial juga. Padahal sering kita bersihkan, tapi kadang masih ada aja sampah yang nyangkut. Itu tadi spanduk di inletnya ya, ini yang jadi perhatian kita ke depan," kata Kabid SDA Dinas BMSDA Kota Bekasi Zainal Abidin di lokasi terjadinya genangan air, Kelurahan Caman, Bekasi Barat, Bekasi, Minggu (24/1/2021).

Simak video 'Banjir di Kelapa Gading, Dinas SDA DKI: Saluran Air Terhalang':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)