detikcom Do Your Magic

Damainya Malam di Manggarai Jakarta Tanpa Tawuran

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 22:05 WIB
Manggarai Jaksel Damai. (Afzal NI/detikcom)
Manggarai, Jakarta Selatan, damai. (Afzal NI/detikcom)
Jakarta -

Suasana jalanan di Manggarai, Jakarta, kini damai. Tidak ada lagi huru-hara seperti sepekan lalu. Anak-anak muda di sini sudah berikrar damai dan tidak tawuran lagi.

Pantauan di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021) pukul 19.30 WIB, jalanan ramai oleh pemotor meski tidak menjadi macet. Warga beraktivitas dengan lancar.

"Sekarang mah udah damai. Kemarin sudah rapat sama Pak RW," kata anak muda Manggarai yang sedang berada di angkringan di Jl Manggarai Utara 2.

Udara malam ini cenderung dingin untuk ukuran Jakarta. Seruput teh hangat di pinggir jalan terasa nikmat. Di sini langit cerah tanpa hujan, meski sebagian Jakarta diguyur hujan deras pada sore tadi.

Manggarai Jaksel Damai. (Afzal NI/detikcom)Manggarai Jaksel Damai. (Afzal NI/detikcom)

Sepekan sebelumnya, terjadi tawuran di sekitar sini, yakni di dekat Pintu Air Manggarai, Jaksel, pada Minggu (17/1) dini hari. Tawuran sempat dibubarkan dan kembali terjadi pada Minggu (17/1) sekitar pukul 23.30 WIB di Jl Manggarai Utara 2.

Senin (18/1) kemarin, tawuran terjadi lagi pukul 18.45 WIB. Lokasinya berada di dekat Stasiun Manggarai. Akibatnya, Jalan Tambak menuju stasiun ditutup pada saat itu. Tiga kali tawuran sudah terjadi dalam kurun waktu sampai Senin (18/1).

Deklarasi perjanjian damai oleh pemuda yang bertikai digelar pada Selasa (19/1). Sesudah perjanjian itu, Manggarai menjadi tenang. Mereka bersama-sama berikrar untuk tidak lagi tawuran.

Selanjutnya, kata tokoh masyarakat setempat:

Selanjutnya
Halaman
1 2