Kejagung Periksa Sekretaris Benny Tjokro Terkait Dugaan Kasus Asabri

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 19:38 WIB
gedung kejagung
Gedung Kejagung (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan korupsi penyimpangan investasi PT Asabri (Persero) hari ini. Salah satunya, Kejagung memeriksa sekretaris Benny Tjokrosaputro berinisial JI.

"Tim jaksa penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung memeriksa empat orang saksi, di antaranya JI selaku sekretaris Benny Tjokrosaputro. Asabri, yang terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pada PT Asabri," kata Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Senin (25/1/2021).

Leonard menyebut pemeriksaan terhadap sekretaris Benny Tjokrosaputro dilakukan untuk mencari fakta hukum dan mengumpulkan alat bukti tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada PT Asabri. Selain itu, Kejagung turut memeriksa admin dan tenaga finance atau keuangan PT Bumi Jaya Abadi milik Benny Tjokrosaputro, RM.

Selanjutnya, karyawan PT Bumi Nusa Jaya Abadi berinisial J juga turut diperiksa Kejagung hari ini. Kemudian, SJS juga diperiksa selaku pengusaha.

Sebelumnya, Kejagung resmi menaikkan status penanganan perkara korupsi PT Asabri ke tingkat penyidikan. Jaksa menduga ada investasi pembelian saham yang menyimpang dalam perkara yang diusut itu.

"Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus secara resmi telah menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) dugaan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau PT Asabri (Persero) periode 2012 sampai 2019," ujar Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya, Jumat (15/1).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2