Apa Manfaat Beriman kepada Takdir Allah SWT? Ini Hikmahnya

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 16:54 WIB
Silhouette muslim dua to Allah over mosque sunset background
Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonyachoat/Apa Manfaat Beriman kepada Takdir Allah SWT? Ini Hikmahnya
Jakarta -

Umat Islam diwajibkan beriman kepada takdir Qada dan Qadar yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Nah, apa manfaat beriman kepada takdir Allah SWT?

Dalam Quran surat Al Mursalat ayat 22-23, Allah SWT berfirman mengenai takdir yang telah ditetapkan-Nya

Arab: اِلٰى قَدَرٍ مَّعْلُوْمٍۙ
فَقَدَرْنَاۖ فَنِعْمَ الْقٰدِرُوْنَ

Latin: ilā qadarim ma'lụm
fa qadarnā fa ni'mal-qādirụn

Artinya: sampai waktu yang ditentukan, lalu Kami tentukan (bentuknya), maka (Kamilah) sebaik-baik yang menentukan.

Apa Manfaat Beriman kepada Takdir Allah SWT?

  • Apa Saja yang Termasuk Takdir Allah?

Takdir Mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah dan manusia tidak dapat ikut campur tangan. Misalnya adalah jodoh hingga terjadinya hari kiamat.

Takdir Muallaq adalah ketentuan Allah yang mengikut sertakan eran manusia melalui usaha dan ikhtiar. Contohnya, keberhasilan anak meraih prestasi dengan giat belajar.

Qada adalah ketetapan, hukum, atau kehendak dari Allah SWT. Sebelum adanya proses kehidupan, Allah telah menuliskan apa yang akan terjadi dan disebut dengan Qada, seperti kelahiran dan kematian.

Qadar adalah ketentuan atau kepastian dari Allah SWT yang pasti, sudah ditetapkan oleh Allah SWT baik yang telah, sedang, atau akan terjadi. Contohnya adalah seseorang yang bekerja keras hingga mendapatkan kecukupan.

  • Apa Hikmah Dirahasiakannya Takdir Allah bagi Manusia?

Dikutip dari buku 'Ibadah Hati' karya Lalu Heri Adrizal Lc, dkk dirahasiakannya takdir Allah SWT dari manusia untuk menyadari bahwa Dia lebih mengetahui kemaslahatan hamba dan apa saja yang bermanfaat baginya.

Selain itu, fungsi lainnya adalah menyadarkan diri manusia untuk menunggu pahala yang besar dan ganjaran yang banyak, seperti yang dijanjikan oleh Allah bagi yang sedang ditimpa musibah dan bersabar.

Terakhir, fungsi iman kepada takdir adalah menyadarkan manusia bahwa semua keputusan dan permasalahan milik atau wewenang Rabbul Alamin. Tugas manusia hanya lah berserah diri dan tunduk kepada-Nya.

Semoga sahabat Hikmah memahami apa manfaat beriman kepada takdir Allah SWT ya!

(pay/erd)