Begal di Makassar yang Tebas Tangan Korbannya hingga Nyaris Putus Ditangkap

Ibnu Munsir - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 16:01 WIB
Ilustrasi Begal
Ilustrasi begal (Mindra Purnomo/detikcom)
Makassar -

Begal sadis di Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang menebas tangan korbannya hingga hampir putus, ditangkap polisi. Pelaku berinisial A itu sempat melawan personel kepolisian saat hendak ditangkap.

"Anggota Resmob Panakkukang dibantu Resmob Polda Sulsel berhasil mengamankan pelaku curas pencurian dengan kekerasan, yang menyebabkan korban perempuan, C, mengalami luka sabetan parang pada tangan sebelah kanan," kata Kasi Humas Polsek Panakkukang Makassar Bripka Ahmad Halim ketika dimintai konfirmasi, Minggu (24/1/2021).

Ahmad menjelaskan, jajaran kepolisian terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur. A ditembak di bagian betis sebelah kanan.

"Pada saat melakukan pengembangan pelaku A mencoba memanfaatkan keadaan untuk melakukan perlawanan dan ingin melarikan diri. Anggota memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali namun pelaku tidak menghiraukannya, selanjutnya anggota melakukan tindakan tegas terukur dengan cara melumpuhkannya dengan timah panas dan mengenai kaki bagian betis sebelah kanan," jelas Ahmad.

Selain menangkap A, polisi menyita sebilah parang yang digunakan untuk menebas tangan korban. Polisi juga menyita satu buah handphone dan tas milik korban.

Pelaku dibawa ke Polsek Panakkukang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kini, polisi masih melakukan pengejaran terhadap seorang pelaku lainnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang ibu rumah tangga, Dewi (36), menjadi korban aksi begal sadis di kawasan Panakkukang, Kota Makassar. Tas korban hendak dirampas saat dia masuk ke rumah kosnya.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (7/1), sekitar pukul 23.36 Wita. Aksi pelaku ini terekam kamera CCTV yang ditempatkan di sekitar tempat kejadian perkara.

Dewi memang berusaha melawan saat dibegal. Namun pelaku kemudian mengeluarkan sebilah pisau dan menebas tangan korban hingga nyaris putus.

"Dia tidak sempat ambil barang, dia tarik tas, tapi dilawan, langsung turun dia tebas tasnya sampai putus dan tangannya isteriku kena. Iya, masih agak trauma, tangannya iya nyaris putus," ungkap suami Dewi, Andi Aso, di lokasi kejadian, Jumat (8/1).

(zak/zak)