Sempat Tutup 2 Ruas Jalan, Kerumunan Komunitas Motor di Setiabudi Dibubarkan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 15:23 WIB
Jakarta -

Polisi membubarkan kerumunan komunitas motor, termasuk Vespa, di Jembatan Tugu 66 perbatasan antara Menteng, Jakarta Pusat dan Setiabudi, Jakarta Selatan dini hari tadi. Kerumunan itu bahkan sempat menutup dua ruas jalan.

"Itu ada informasi masuk sekitar pukul 24.00 WIB kalau ada rombongan atau komunitas motor, terutama vespa, mereka berhenti di Jembatan Tugu 66 perbatasan Menteng sama Setiabudi. Nongkrong di situ banyak ada 80-90 motor ambil dua ruas jalan sehingga akhirnya menjadi viral karena tengah malam pada kumpul-kumpul di situ," kata Kapolsek Setiabudi AKBP Yogen Heroes Baruno saat dihubungi, Minggu (24/1/2021).

Yogen mengatakan aparat dari Polsek Setiabudi dibantu Tim Pemburu COVID-19 Polres Jakarta Selatan akhirnya turun membubarkan kerumunan itu. Sebanyak 3 motor akhirnya disita karena surat kendaraan tidak lengkap.

"Kemudian kita datang dari polsek dibantu tim pemburu COVID dari polres, beberapa kita periksa, sebagian yang lengkap surat kita pulangkan, yang tidak lengkap kita amankan di polsek kendaraannya sambil kita rapid test juga," ujar Yogen.

Terhadap 3 pemilik motor, polisi turut melakukan rapid test Corona. Yogen memastikan ketiganya nonreaktif.

"Nonreaktif semua, jadi kita random sampling saja, terutama yang kita bawa ke polsek 3 orang itu semuanya nonreaktif," ungkap Yogen.

Menurutnya, rombongan komunitas Vespa itu sebelumnya berkumpul di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Monas. Namun, karena diminta bubar, mereka akhirnya pindah ke Jembatan Tugu 66.

"Itu kayaknya mereka habis kumpul di seputaran HI sama Monas. Karena ada pembubaran di sana, mereka mengarah ke perbatasan itu," jelas Yogen.

"Makanya pas saya lewat jam 23.00 belum ada sebenarnya karena sudah kita bubarkan semua, tiba-tiba jam 24.00 ada kumpul, kayaknya dari sana. Mereka bilang habis kumpul-kumpul di HI, Monas gitu, terus lanjutin nongkrong di situ," tambahnya.

(idn/idn)