Jalan Pegangsaan Dua Jakut Tergenang, Sudin SDA Kerahkan Pompa

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 15:04 WIB
Jakarta -

Hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak pagi tadi. Akibatnya, Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tergenang.

Pantauan detikcom, Minggu (24/1/2021), masih ada beberapa titik genangan air di Jalan Pegangsaan Dua pada pukul 14.17 WIB. Bahkan salah satunya mencapai ketinggian betis orang dewasa.

Meski demikian, mobil dan motor yang melalui jalan tersebut masih bisa melewatinya. Tidak ada kemacetan yang ditimbulkan dari genangan air ini.

Selain itu, terlihat pihak dari Suku Dinas SDA Tata Air Kecamatan Kelapa Gading sedang berusaha membuat air surut. Terdapat 1 pompa apung dikerahkan untuk menyedot air. Mereka juga terlihat memperingatkan pengendara agar melaju secara perlahan.

Jalan Pegangsaan Dua Jakut TergenangJalan Pegangsaan Dua Jakut Tergenang (Adhyasta/detikcom)

Koordinator Lapangan Sudin SDA Tata Air Kecamatan Kelapa Gading Matholi menjelaskan bahwa Jalan Pegangsaan Dua sudah tergenang sejak pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Bahkan, ketinggian banjir sempat menyentuh ketinggian 40 cm.

"Sejak tadi subuh jam 5 ujan kan tuh. Ketinggiannya 40 cm," ujar Matholi.

Matholi mengatakan ketinggian genangan air berada di angka 15 cm saat ini. Pompa apung yang sudah dikerahkan sejak tadi mampu menyedot air sebanyak 500 kubik per menit.

"Ini 15 cm. Ada pompa apung 1, bisa menyedot air sekitar 500 kubik per menit," terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar, Ata, menyebut banjir di Pegangsaan Dua adalah hal yang biasa. Menurutnya, banjir diakibatkan oleh selokan yang mampet.

"Rutin tiap hujan begini. Karena selokan mampet. Lagi disedot sekarang. Tiap gini sedot terus," ujar Ata.

(knv/knv)