Blak-blakan Dian Ediana Rae

PPATK Sebut Ada Transfer Lintas Negara ke Rekening FPI

Sudrajat - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 08:20 WIB
Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae
Dian Ediana Rae (Foto: Ari Saputra)

Dalam praktik kesehariannya, tindak pidana pencucian uang yang dikaji oleh PPATK biasanya terkait dengan 26 jenis kejahatan lain. Selain soal korupsi, terorisme, dan narkoba. Dian antara lain menyebut kejahatan perbankan, penipuan, pasar modal, hingga illegal logging dan illegal fishing.

"Jadi framework nya itu. Sejauh ini belum ada kesimpulan apakah FPI terkait dengan pidana terorisme atau lainnya. Itu ranah penegak hukum," kata Dian kembali menegaskan.

Bila dalam tempo 20 hari tak ditemukan unsur pidana, pemblokiran akan dicabut. Sebaliknya pemblokiran akan dibuat lebih lama bila aparat penegak hukum menyimpulkan ada pelanggaran pidana sampai pengadilan memutuskan.

Pada bagian lain, Dian juga memaparkan pentingnya dukungan para hakim dan hakim agung terkait penerapan UU Pencucian Uang dalam memberantas praktek korupsi. Praktek pencucian uang selama ini juga disinyalir melibatkan para professional baik di bidang hukum, akuntansi, perpajakan, dan lainnya agar tak terendus aparat.

Hal lain yang disampaikannya adalah trend kejahatan skimming yang meningkat justru di tengah masa pandemi. Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Kepala PPATK di detikcom.

Halaman


Simak Video "Blak-blakan Kepala PPATK: Rekening FPI hingga Isu Pencucian Uang"
[Gambas:Video 20detik]

(jat/lir)