Masih Ada Kafe Langgar PSBB, DPRD DKI Minta Pemprov Beri Sanksi Tegas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 07:45 WIB
Jakarta -

Komisi B DPRD DKI Jakarta menyebut akan memanggil pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal masih ada kafe yang langgar protokol kesehatan. Terakhir, dua kafe di Jakarta Selatan (Jaksel), Boca Rica di Crown Plaza, Jl Gatot Subroto dan Odin Cafe di Senopati langgar aturan buka.

"Ya, akan kita agendakan," ucap ketua Komisi B, Abdul Aziz, saat dihubungi, Sabtu (23/1/2021).

Menurut Abdul, aturan PSBB harus dipatuhi oleh siapapun. Karena itu, Pemprov harus tegas untuk mengawasi dan menindak pelanggar.

"Saya kira, perlu sanksi tegas dari Pemda untuk pelanggar aturan. Karena ini, menyangkut disiplin secara kolektif untuk mengendalikan Pandemi COVID-19," katanya.

Namun, politikus dari PKS tersebut memberikan evaluasi kepada Pemprov dalam penanganan industri pariwisata selama masa pandemi. Saat ini, banyak industri pariwisata seperti kafe, restoran, diskotek, dan tempat-tempat lain melanggar aturan PSBB.

"Memang, saat ini ekonomi sedang krisis. Para pengusaha juga sedang kesulitan, sehingga mereka mengambil risiko untuk melanggar, padahal ini sesuatu yang fatal untuk kesehatan dan nyawa. Saya kira, perlu duduk bersama pengusaha-pengusaha dan Pemda sehingga melahirkan terobosan strategi bisnis dan kebijakan yang mutualisme, sehingga pengusaha tersebut bisa bertahan tanpa melanggar aturan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, aparat gabungan dari Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Satpol PP DKI Jakarta melakukan razia protokol kesehatan ke sejumlah kafe di kawasan Jakarta Selatan. Dua kafe di kawasan Setiabudi dan Senopati, Jakarta Selatan disegel karena melanggar jam operasional.

Selanjutnya
Halaman
1 2