Pemprov DKI Tambah TPU Khusus COVID, PDIP Singgung Angka Kematian Tinggi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 06:20 WIB
Gembong Warsono
Gembong Warsono (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah lagi tempat pemakaman umum (TPU) khusus protokol COVID-19. PDIP menyinggung soal angka kematian karena COVID-19.

"Tingkat kematian tinggi, sementara lahan eksisting, sebelum penambahan sangat mengkhawatirkan. Maka penambahan di beberapa lokasi yang dibeli pada APBD Perubahan 2020 kemarin, siap digunakan untuk menampung," ucap Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, saat dihubungi, Sabtu (23/1/2020).

Menurut Gembong, angka kematian karena COVID-19 bisa ditekan. Saat ini jumlah kasus pasien COVID meninggal di Jakarta sebanyak 3.949.

"Sebetulnya, angka kematian bisa ditekan apabila langkah sudah dilakukan. Bahasanya, gregetnya kurang, contoh paling sederhana, Pemprov sudah membentuk Satgas COVID-19 tingkat RW, tapi pemprov hanya membentuk Satgas doang, tapi perangkat satgas tidak didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, langkah selanjutnya, terserah. Kan nggak boleh begitu. Harus ada keserentakan, kebersamaan, kesamaan dari perilaku Satgas itu," ucapnya.

Dalam menjalankan penanganan COVID-19, Gembong menyebutkan tiga langkah yang perlu diambil oleh pemerintah. Dimulai dari membangun kesadaran, sampai penindakan sanksi.

"Pertama bagaimana Pemprov membangun kesadaran kolektif warga ibu kota melaksanakan protokol kesehatan. Kedua, peran pemda untuk pengawasan, protokol kesehatan diterapkan kan perlu ada pengawasan dari Pemprov," kata Gembong.

"Langkah yang terakhir adalah, aturan yang disepakati Pemprov dengan DPRD, itu ditegakkan secara konsisten. Itu langkah terakhir," sambungnya.

Diketahui, lahan pemakaman khusus Corona di Jakarta, diketahui ada di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Hingga akhirnya area itu penuh dan Pemprov membuka lahan-lahan lain.

Area pemakaman khusus jenazah Corona yang kemudian dibuka oleh Pemprov DKI di antaranya TPU Tegal Alur Jakarta Barat, TPU Rorotan Jakarta Barat, hingga TPU Srengseng Sawah Jakarta Selatan.

Baru sepekan berlalu, lahan khusus pemakaman Corona di TPU Srengseng Sawah sudah hampir penuh. Lahan baru kemudian disiapkan di TPU Bambu Apus Jakarta Timur.

"Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Muhaemin seperti dilansir Antara, Jumat (22/1). (aik/lir)