Round-up

Cerita Kepala BNPB Positif COVID-19 yang Diduga Tertular Saat Makan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 20:35 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo.
Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengumumkan dirinya terpapar virus Corona (COVID-19). Doni menduga tertular Corona saat lepas masker untuk makan bersama.

Doni menceritakan dirinya mengetahui positif COVID-19 setelah melakukan tes usap. Hasil PCR swab menunjukkan Doni positif Corona pada Jumat 22 Januari 2021.

"Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif COVID-19 dengan CT Value 25," tutur Doni dalam siaran pers dari BNPB, Sabtu (23/1/2021).

Berikut 6 faktanya:

Tak Merasakan Gejala COVID-19 dan Jalani Isolasi Mandiri

Meski terpapar COVID-19, Doni mengaku tak merasakan gejala. Doni bahkan pagi ini tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan berjalan kaki 8 kilometer.

"Saya sama sekali tidak merasakan gejala apa pun," tutur Doni.

Doni juga mengatakan tengah melakukan isolasi mandiri. Dalam kondisi ini, Doni mengatakan terus memantau perkembangan penanganan COVID-19 dan penanganan bencana di berbagai daerah.

Duga Tertular Corona Saat Makan

Doni menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

"Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain," kata Doni.

Dia menuturkan selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir Kalimantan Selatan (Kalsel), ada beberapa momen harus melepas masker. Salah satu momennya yakni ketika makan bersama orang lain.

"Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," kata dia.

Staf Doni Juga Terpapar Corona

Tidak hanya Doni, salah satu stafnya juga ikut terpapar Corona. Selama kunjungan kerja memantau langsung penanganan gempa bumi Sulbar dan banjir Kalsel, Doni didampingi sejumlah staf BNPB.

Doni Monardo dan salah satu stafnya dikabarkan tertular Corona pada Jumat (22/1) kemarin. Dikabarkan Doni dan seluruh staf BNPB sempat melakukan perjalanan ke Sulbar dan Kalbar.

"Salah satu stafnya juga dinyatakan positif," tulis BNPB melalui keterangan tertulis, Sabtu (23/1/2021).

Sementara itu, Doni Monardo mengatakan dirinya dan salah satu stafnya kini sudah melakukan isolasi mandiri. Dia meminta agar masyarakat tidak berhenti menjalankan protokol kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2