Round-up

Cerita Kepala BNPB Positif COVID-19 yang Diduga Tertular Saat Makan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 20:35 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo.
Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: dok. BNPB)
"COVID-19 ini begitu dekat di sekitar kita. Selama ini saya berusaha sekuat tenaga patuh dan disiplin menjalan protokol kesehatan dan tetap bisa tertular. Dengan kejadian ini saya meminta masyarakat agar jangan kendor dalam memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," ujar Doni.

Belum Divaksinasi COVID-19

Dalam kondisi ini, sempat muncul isu yang menyebut Doni sebelumnya sudah menjalani vaksinasi COVID-19. BNPB meluruskan informasi tersebut.

Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah menegaskan bahwa Doni Monardo belum menjalani vasksinasi COVID-19. Rencananya, Doni baru dijadwalkan menjalani vaksinasi pada awal pekan depan.

"Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan COVID-19 lainnya," kata Egy dalam rilis yang diterima detikcom dari BNPB, Sabtu (23/1).

Ini Pelacakan Kontak Doni

Doni terkena Corona usai menjalani serangkaian tugas yang padat. Doni dan seluruh staf yang mendampinginya selama kunjungan kerja di Sulbar dan Kalimantan Barat juga menjalani tes PCR. Hasilnya, salah satu stafnya juga dinyatakan positif.

"COVID-19 ini begitu dekat di sekitar kita. Selama ini saya berusaha sekuat tenaga patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan tetap bisa tertular. Dengan kejadian ini, saya meminta masyarakat agar jangan kendur dalam memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tuturnya.

Tenaga ahli BNPB yang juga staf khusus Doni Monardo, Egy Massadiah, mendapatkan hasil tes PCR negatif. Dia mengatakan selalu berada di dekat Doni dalam seminggu terakhir, termasuk selalu satu mobil ketika aktivitas penanganan bencana di Mamuju, Majene, dan Banjarmasin.

Menurut Egy, Doni berada di Mamuju pada Jumat Sore (15/1), kurang dari 12 jam dari saat gempa di Sulbar terjadi. Selanjutnya, Kepala BNBP bergeser ke Banjarmasin pada Minggu (17/1) dan kembali ke Mamuju pada Selasa pagi sebelum kembali ke Jakarta kemarin.

Doa untuk Kesembuhan Doni

Satgas Penanganan COVID-19 menyebut virus Corona tidak mengenal jabatan. Satgas Penanganan COVID-19 mengingatkan masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol 3M.

"Intinya, semua orang bisa tertular COVID karena virus ini tidak mengenal jabatan, status sosial, dan jenis kelamin. Mari kita jaga semangat gotong royong menjalankan protokol kesehatan 3M. Jaga kesehatan untuk semua masyarakat," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi, Sabtu (23/1/2021).

Jika ada yang tidak patuh, dia berharap agar masyarakat berani menegur dan saling mengingatkan. Dia berharap agar Doni Monardo bisa segera pulih dari Corona.

"Kami prihatin mendapat kabar bahwa Kepala BNPB Letjen Doni Monardo positif COVID-19. Doa kami semua di Satgas untuk kesembuhan dan pemulihan beliau dengan baik dan cepat," tuturnya.

Halaman

(aan/jbr)